real
        time web analytics

Dari Kami

Lulusan Perguruan Tinggi Harus Tiga C


TOPCAREER.ID -  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Khairul Anwar, berharap perguruan tinggi bisa mencetak calon tenaga kerja yang kompeten, percaya diri, dan terkoneksi.

"Lulusan perguruan tinggi harus memiliki tiga c, yaitu competence, confidence, dan connected," kata Sekjen Khairul Anwar.

Khairul melanjutkan, mahasiswa harus memiliki kompetensi agar bisa memenangkan persaingan di pasar kerja. Mereka harus dibekali hard skill dan soft skill yang baik.

"Kampus harus menciptakan calon tenaga kerja yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik tetapi juga memiliki sikap yang baik pula," ujar Khairul.

Selain itu, kata Khairul, penting bagi mahasiswa mempunyai rasa percaya diri. Kampus harus mampu memberikan rasa percaya diri yang tinggi bagi para calon tenaga kerja.

"Rasa percaya diri ini diberikan oleh pihak perguruan tinggi dengan pembekalan-pembekalan yang telah diberikan kepada para calon tenaga kerja, salah satunya yakni pembekalan bahasa asing," ujar Khairul.

Dan yang tak kalah penting, sambung Khairul, selain kompetensi dan rasa percaya diri adalah bagaimana menciptakan para calon tenaga kerja untuk dapat terkoneksi dengan dunia luar, termasuk dengan informasi pasar kerja.

"Koneksi dengan dunia industri dan pasar kerja akan memudahkan mahasiswa terserap ke pasar kerja. Untuk itu, kampus harus menjalin kerja sama dengan industri sehingga kompetensi lulusan perguruan tinggi sesuai dengan kebutuhan industri," ucap Khairul.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait