real
        time web analytics

Dari Kami

Lulusan SSB Makin Punya Potensi Nih Dilirik Klub Bola Ternama


TOPCAREER.ID – Sangat memungkinkan jika pemain muda asuhan Sekolah Sepak Bola (SSB) kemudian dilirik oleh klub-klub besar di Indonesia. Apalagi dunia persepakbolaan Indonesia kini gencar berbenah diri agar potensi serta bakat pemain bola usia muda tak putus di tengah jalan. 

Pelatih usia 13 di Akademi Sepak Bola Intinusa Olah Prima (ASIOP) Apacinti, Yayat Supriyatna mengatakan bahwa saat ini lulusan SSB bisa saja dilirik oleh klub besar lantaran ada program dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait pembinaan berjenjang sepak bola usia muda. 

“Karena sekarang ada PSSI Elite. Jadi semua peserta Liga 1 itu wajib mempunyai akademi. Nah, itu kan bisa sebagai jalan bahwa pesepak bola muda ketika dia sudah masuk usia remaja atau tahap youth ada wadahnya,” kata Yayat kepada TopCareer.id beberapa waktu lalu.

Jadi, tambah dia, bukan tak mungkin setelah lulus SSB, anak didik bisa melanjutkan jenjang yang lebih profesional demi menunjang karier sepak bolanya. 

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo ikut memaparkan bahwa lewat Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) ada yang namanya program Elite Pro Akademi. 

Danurwindo menyampaikan, mulai bulan September 2018 ini, ada aturan di mana setiap klub Liga 1 harus memiliki tim elite usia 16 tahun karena ada hubungannya soal pembinaan pemain muda hingga masuk tim profesional. 

“Ada Elite Pro Akademi U-16 dan U-19. Tahun 2020 atau 2019, bukan hanya U-16 dan U-19, tapi berubah U-16, U-18, dan U-20. Ini keharusan dari tim Liga 1 untuk membuat tim pembinaan usia dini,” kata Danurwindo dalam acara Buka Talks BukaLapak.

Elite Pro Akademi merupakan salah satu rangkaian perbaikan kualitas sepak bola Indonesia yang terangkum dalam Filanesia. Program ini merupakan pembinaan yang harus dimiliki kontestan Liga 1, kasta kompetisi tertinggi di Tanah Air. 

Klub diminta mempunyai pembinaan yang berkesinambungan dari junior hingga senior, mulai dari U-14, U-16, U-19, U-21 hingga tim senior. Danurwindo juga menyatakan bahwa PSSI bakal meningkatkan kompetisi dari yang semula turnamen, menjadi kompetisi penuh. 

Kompetisi setingkat asoasiai provinsi juga ikut digerakkan sehingga diharapkan sekolah-sekolah sepak bola yang luput dari pantauan bisa semakin terhubung. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru