real
        time web analytics

Dari Kami

Makanan Lebaran yang Rawan Bikin Jerawatan


TOPCAREER.ID – Ya, kecenderungan munculnya jerawat pada tiap orang memang berbeda-beda. Namun, jika Anda memiliki kulit yang berminyak dan rawan jerawat sebaiknya hindari jenis makanan ini yang mungkin akan sangat menggoda kala lebaran tiba. 

Berikut makanan lebaran yang rawan bikin jerawatan, dilansir dari Cosmopolitan, beserta tips yang tepat. 

1. Telur Balado

Tidak semua orang dapat mencerna protein yang dikandung telur dengan baik, dan konsumsi telur yang berlebih dapat menyebabkan hormon tidak stabil yang memicu jerawat. Sama halnya dengan sambal. Pelengkap makanan ini ternyata dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah yang dapat memperburuk jerawat. 

Tips: Jangan makan telur balado terlalu banyak. Sharing saja bersama orang tua atau saudaramu, dan ambil sambal secukupnya 

2. Ketupat Sayur

Santan ini kaya akan lemak yang dapat memicu timbulnya jerawat dan meningkatkan produksi minyak pada wajah. Resep ketupat sayur untuk satu keluarga kecil saja membutuhkan 1,5 liter santan, jadi bayangkan saja betapa tingginya kadar lemak yang dikandung satu mangkuk.

Tips: Satu porsi ketupat sayur cukup. Jangan gunakan seluruh jatah makanan berlemak untuk ketupat sayur saja.

3. Rendang

Rendang kaya akan santan (untuk memasak 1,5 kg daging butuh 2 liter santan!), rendang mengandung lemak dan minyak yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan jerawat. 

Tips: Pintar memilih lauk pada Hari Raya nanti. Semisal Anda sudah makan rendang, sebaiknya tak mengambil lauk lainnya seperti opor ayam, gulai ayam, dan telur balado. 

4. Kerupuk

Lagi-lagi ada kandungan minyak di dalamnya. Minyak yang dikandung kerupuk dapat meningkatkan produksi minyak berlebih, serta menyumbat pori-pori.

Tips: Jangan konsumsi kerupuk sebagai camilan karena ini bisa membuat Anda 'hilang kendali'. Konsumsilah sebagai pelengkap hidangan utama saja.

5. Kue Kering

Nastar, kaasstengels, putri salju, dan kue kering lainnya memiliki bahan dasar telur, susu, dan gula yang kaya akan lemak dan protein. Gula dapat meningkatkan hormon insulin yang mampu menghasilkan minyak berlebih pada kulit wajah, sedangkan kandungan protein dalam susu dapat menimbulkan jerawat.

Tips: Kalau tidak bisa mengontrol diri saat makan kue kering, ada baiknya Anda makan kue yang gluten-free atau dairy-free saja. 

6. Es Kolang Kaling

Sama seperti kue kering, es kolang kaling juga mengandung banyak gula sehingga bisa memicu jerawat. Apalagi jika ditambah susu kental manis.

Tips: Satu atau dua gelas saja cukup, setelah itu seimbangkan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi air putih. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills