real
        time web analytics

Dari Kami

Makin Banyak Sutradara Kulit Hitam Warnai Film Top Hollywood


TOPCAREER.ID – Sebuah kabar gembira datang dari Hollywood bahwa banyak studio yang kini membuat kemajuan besar dengan merekrut sutradara kulit hitam. Menurut sebuah penelitian, sejumlah besar film top secara historis memiliki sutradara kulit hitam pada 2018. 

Studi yang diterbitkan oleh USC Anneberg itu meneliti keragaman yang ada di balik layar dan di ruang-runag studio.  Tahun 2018 dianggap jadi tahun yang paling berkibar bagi sutradara kulit hitam dengan menempatkan 16 sutradara yang mengerjakan 100 film teratas. 

Dari 16 itu, 15 sutradara merupakan laki-laki, hanya satu sutradara perempuan, yakni Ava DuVernay ("A Wrinkle in Time"). Angka keseluruhan itu naik dari enam sutradara kulit hitam yang mengerjakan 100 film teratas pada 2017 dan delapan pada 2007.

“Meskipun kami tidak melihat temuan ini tercermin di antara sutradara perempuan atau Asia, ini memberikan bukti bahwa Hollywood dapat berubah saat menginginkannya,” kata Stacy L. Smith, yang menulis laporan bersama dengan University of Southern California Annenberg Inclusion Initiative.

Memang, sisa penelitian menunjukkan sedikit perubahan untuk kelompok etnis lain atau perempuan. Menyurvei 1.200 film terlaris dari 2007-2018, para peneliti menemukan hanya lebih dari 4 persen yang memiliki sutradara wanita. Itu berarti bahwa mereka kalah jumlah oleh rekan-rekan pria mereka dengan rasio 22 banding 1. 

Dan orang Asia hanya mewakili 3,6 persen dari tahun lalu 100 direktur terlaris, jumlah yang berubah sedikit selama 12 tahun.

Studi tersebut, “Inclusion in the Director’s Chair?” juga menemukan bahwa antara 82 persen dan 98 persen dari semua desainer produksi, sinematografer, editor, dan komponis adalah laki-laki. Dan dari sedikit perempuan yang memegang pekerjaan itu, sebagian besar berkulit putih.

Menurut Dr. Smith, perempuan berkulit gelap hampir tidak terlihat dalam produksi film, baik sebagai sutradara, produser, atau posisi kru di bawah garis bawah. Hanya 1,4 persen editor, 1,5 persen desainer produksi, dan 1,6 persen produsen adalah perempuan berkulit hitam. 

Ia menambahkan, hanya satu perempuan berkulit gelap yang bekerja sebagai komposer di 300 film yang kami periksa, dan tidak ada sutradara fotografi perempuan yang kurang terwakili.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait