real
        time web analytics

Dari Kami

Makin Paham Cara Kurangi Kegagalan Saat Interview Kerja


Business Director PT Permata Indosejahtera, Benny Chrisdianto. (Foto: Skills.id)

TOPCAREER.ID – Jika pelamar sulit diterima kerja, mungkin ada beragam faktor penyebab kegagalan. Mulai dari pengiriman surat lamaran serta CV hingga proses interview yang tidak berjalan lancar. “Video CV/Resume Workshop” by Skills.id merangkum semua tips lolos seleksi kerja demi mengurangi kegagalan semacam itu.

Trainer sesi dua dalam kelas “Video CV/Resume Workshop” by Skills.id, Benny Chrisdianto menyampaikan kepada TopCareer.id bahwa memang saat interview, kandidat perlu menciptakan impresi yang positif terlebih dahulu di awal pertemuan.

“Paling enggak jangan ditolak di awal. Jadi, persiapan ini penting banget. Interview itu kan menunjukkan kamu mau pekerjaan ini apa enggak. Jangan kamu mau diambil orang, tapi kamunya kelihatan enggak mau,” kata Benny yang juga Business Director perusahaan penyedia jasa tenaga kerja, PT Permata Indosejahtera.

Jadi, lanjut Benny, harapannya dengan kelas-kelas seperti ini, tidak ada lagi orang-orang yang interview namun terlihat tidak siap kerja. Berdasar pengalamannya, ia kerap kali menemui orang-orang yang interview namun dari jawaban-jawabannya tidak siap bekerja di perusahaan yang dilamar.

“Kamu tahu perusahaan ini perusahaan apa? Jawabnya enggak tahu. Itu berarti enggak siap kerja,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta “Video CV/Resume Workshop” by Skills.id, Maria Ulfa mengaku bahwa banyak ilmu yang ia dapat sehingga bisa benar-benar dipersiapkan nanti setelah lulus kuliah dan saat mencari pekerjaan, apalagi terkait bagaimana membuat CV yang berbeda.

“Workshop ini ngajarin kita berbeda yang unik bukan yang aneh. Bersikap harusnya seperti apa, membuat CV  yang beda seperti apa, bisa langsung diparktekin banget sih,” ucap Maria kepada TopCareer.id usai acara.

Maria yang masih semester 5 jurusan Sastra Inggris Universitas Gunadarma ini menyampaikan, CV video yang baru saja dipelajarinya itu bakal berkaitan dengan bidangnya.

“Apalagi aku lebih ke public speaking, jadi buat memvisualisasikannya tuh butuh banget-banget CV video juga materi seperti itu.”

Selain itu, tambah Maria, ada materi soal interview yang membuat ia berpikir bahwa persiapan sebelum interview itu menjadi sangat penting setelah mengetahui tips-tips memenangkan hati HRD dari pelakunya langsung.

0 Comments

Lowongan Terbaru