real
        time web analytics

Dari Kami

Mana yang Paling Tepat, Mengonsumsi Buah Sebelum atau Sesudah Makan?


TOPCAREER.ID – Pro kontra mengenai waktu tepat untuk mengonsumsi buah masih terus terjadi. Lantas kapankah waktu terbaik untuk mengonsumsi buah, apakah sebelum atau sesudah makan?

Ahli pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, SpPD mengatakan tidak ada masalah untuk makan buah sebelum maupun sesudah makan. Tidak ada penelitian yang menyebut buah harus dimakan setelah makan berat.

"Prinsipnya masih sama saja, makanan yang tiba terlebih dahulu dilambung, tentu akan langsung segera diproses. Lambung dan enzim akan bekerja mengecilkan komponen makanan-makanan tersebut untuk diproses lebih lanjut. Jadi tidak akan mempengaruhi apapun. Namun untuk yang sedang diet memang sangat dianjurkan untuk lebih baik mengonsumsi buah terlebih dahulu sebelum makan," jelas dr. Ari.

Sementara itu, ahli gizi dari RS Pondok Indah, dr Raissa Edwina, M Gizi, SpGK menjelaskan bahwa mengonsumsi buah sebelum makan itu dilakukan agar perutnya terisi dahulu. Selain itu, buah memiliki kalori yang lebih sedikit sehingga baik untuk diet.

"Pilihan buah yang baik dikonsumsi untuk yang sedang diet itu yang memiliki kandungan serat dan antioksidan yang banyak seperti, apel, pear, kiwi, pepaya juga oke kok," ujar dr. Raissa.

Namun dr Raissa juga menyarankan untuk selalu memperhatikan pilihan buahnya. Jangan sampai terlalu berlebihan mengonsumsi buah yang mengandung banyak gula seperti nanas, mangga, semangka, dan durian.

"Nanti bukannya mengurangi kalori malah menambah jumlah gula, hati-hati dampaknya yah bisa berisiko diabetes," pungkas dr. Raissa.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru