real
        time web analytics

Dari Kami

Masih Nganggur Mungkin Karena Salah CV


TOPCAREER.ID – Sudah berapa banyak kamu menyebarkan curriculum vitae (CV) demi mendapatkan satu karier? Puluhan atau bahkan ratusan. Kalau begitu kenyataannya, coba periksa kembali CV kamu.

Seperti kita ketahui bersama bahwa CV merupakan salah satu tampak paling depan yang mencerminkan nilai jual kamu ketika melamar pekerjaan. Sebagai tampak muka, jangan pernah menganggap sepele soal CV tentunya. Di beberapa perusahaan, CV menjadi penentu kesempatan untuk kamu dipanggil mengikuti interview kerja atau tidak.

Sebuah penelitian yang dilakukan headhunter di Negeri Pam Sam merangkum beberapa hal yang perlu dicermati terkait CV. Berikut ini ringkasannya yang dilansir dari US News.

Cantumkan semua informasi yang penting

Beberapa perusahaan tertarik pada bagaimana kamu 'menjual diri' lewat CV dengan mencantumkan informasi yang mereka butuhkan tentang diri kamu. Entah itu pengalaman kerja, hobby, atau salary yang diminta. Semua hal itu harus Kamu cermati terlebih dahulu saat akan menulis CV. Sebaiknya sesuaikan CV dengan jenis dan pergerakan perusahaan.

Informasi yang justru menjerumuskan diri sendiri

Mencantumkan foto dalam lembar yang sama dalam CV (kecuali bermaksud menjadi model, artis, atau flight attendant); Mencantumkan salary pada CV (padahal perusahaan tidak meminta kamu mencantumkannya); Mencantumkan referensi di lembar CV, padahal seharusnya referensi memiliki lembar tersendiri; Mencantumkan hobby yang tak berkaitan dengan pekerjaan.

Awas nama alamat email

Hati-hati saat membuat email. Terutama email yang dipergunakan untuk lamaran pekerjaan, sebisa mungkin gunakan nama kamu. Hindari penggunaan nickname karena akan mempersulit perusahaan menghubungi kamu. Contoh alamat email yang tidak disarankan brokenhearted_girls@xxx.com.

Merendahkan diri sendiri

Karena pada dasarnya CV adalah data diri, maka kamu tak perlu merendahkan diri demi dipanggil interview kerja. Cantumkan saja data-data diri yang diperlukan, karena hanya itulah yang menentukan perusahaan tertarik atau tidak.

Meninggalkan lembaran penting

Pastikan kamu memeriksa kembali lembar apa saja yang dibutuhkan di dalam CV. Jangan sampai saat Kamu mengirim CV justru malah banyak lembar data diri yang ketinggalan. Kamu akan kehilangan kesempatan baik jika ceroboh dan melupakan data diri di dalam CV.

Pembeda

Buatlah CV yang kreatif. Apalagi jika pekerjaan yang kamu lamar sangat menonjolkan kreativitas. Kebayang bukan berapa banyak lamaran yang masuk ke meja HRD. Nah untuk menarik perhatian HRD kamu bisa membuat CV secara digital. (adv)

CV digital? Penasaran? Kamu bisa melihatnya pada link berikut http://skills.id/workshop/Video-cvresume-workshop

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru