real
        time web analytics

Dari Kami

Masinis Kereta Kantongi Pendapatan yang Lumayan Loh


Sumber : KAI

TOPCAREER.IDBicara kerjaan di kereta api, mungkin mayoritas orang langsung akan mengacu ke profesi masinis. Tapi tahukah kamu apa saja tugas, kompetensi, hingga bayaran seorang masinis seperti apa?

Bagi yang belum tahu, masinis adalah pegawai yang bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api. Kata "masinis" berasal dari bahasa Belanda machinist yang sebenarnya berarti juru mesin. Disebut masinis karena pada awalnya juru mesinlah yang menjalankan kereta api. Sedangkan Asisten Masinis adalah pegawai yang bertugas membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsiran.

Masinis bertanggung jawab untuk mempercepat, memperlambat atau menghentikan kereta api mengikuti/mematuhi sinyal kereta api, semboyan dan menjamin keselamatan kereta api yang dijalankannya sehingga dapat dikatakan masinis adalah kepala perjalanan.

Masinis masih menjadi pilihan favorit pelamar PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan jumlah ribuan pelamar dalam sekali event rekrut.

Adapun persyaratan umum dalam perekrutan masisnis yang disebutkan oleh laman KAI antara lain : pendidikan SMA IPA atau SMK Listrik / Mesin / Otomotif dengan nilai kelulusan NEM/UAN rata-rata minimal 6 (Enam);  Umur/Usia yakni 18 s.d 25 Tahun, dengan tinggi badan minimal 165 cm.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pekerjaan menjadi masinis memang cukup diminati banyak orang. Hal itu tak terlepas dari pandangan KAI sebagai perusahaan BUMN.

Selain itu, Edi mengatakan bahwa pekerjaan sebagai masinis pun memiliki nilai tambah dengan ukuran penghasilan yang cukup tinggi. Penghasilan yang diterima seorang masinis bisa mencapai Rp 12 juta/bulan.

Dia bilang, kesejahteraan masinis saat ini memang terus meningkat. Namun, penghasilan yang tinggi itu juga diimbangi dengan tanggung jawab yang besar karena bertugas sebagai sopir kereta yang membawa banyak penumpang.

Tak gampang menjadi seorang masinis. Ada sejumlah tahapan yang perlu dilalui untuk bisa benar-benar diangkat menjadi seorang masinis. Adapun pendidikan masinis itu kira-kira dua tahun, itu masinis muda. Belum dia menjadi masinisnya, baru asistennya. Itu kurang lebih asisten itu 6 bulan sampai 1 tahun baru dia akan jadi masinis, itu pun harus bersertifikat dari dirjen kereta.

Setelah menjadi seorang masinis pun, ada sejumlah peraturan ketat yang harus diikuti sebelum bisa mengemudikan kereta. Mulai dari pengecekan surat jalan, hingga melakukan cek kesehatan.

0 Comments