real
        time web analytics

Dari Kami

Mau Cepat Dapat Kerja Lewat LinkedIn? Hindari 3 Kesalahan Ini


TOPCAREER.ID – LinkedIn menjadi salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh pekerjaan, apalagi bagi para fresh graduate. Menurut pakar karier LinkedIn, Blair Decembrele, ada sekitar 20 juta pekerjaan yang tersedia di platform tersebut saat ini. 

Bahkan, tiap 8 detik sekali ada perekrutan pekerjaan yang didapat dari platform tersebut. Untuk memaksimalkan LinkedIn untuk mendapatkan pekerjaan, jangan sampai Anda melakukan 3 kesalahan umum ini. Decembrele pun merinci tiga kesalahan umum yang dilakukan orang yang baru lulus kuliah di LinkedIn, dikutip dari CNBC.

1. Meninggalkan informasi penting 

Menurut Decembrele, profil di LinkedIn sama halnya dengan kesan pertama Anda di dunia pekerjaan. Hal ini termasuk foto profil yang sesuai, nama sekolah, jurusan dan detail tentang kegiatan magang yang pernah Anda ikuti sebelumnya. 

“Profil (LinkedIn) yang disertai dengan foto mendapat 21 kali lebih banyak kunjungan daripada yang tidak,” kata Decembrele. Kendati begitu, Decembrele mengingatkan, menggunakan foto profil yang buruk sama berbahayanya dengan tidak ada foto sama sekali. 

“Anda harus memastikan memilih foto yang jelas, ringkas dan memiliki konteks profesional. Bahkan saya merekomendasikan untuk (menampilkan foto yang) berdiri di depan latar belakang putih dan memastikan bahwa Anda berada titik tengah foto,” tutur dia. Baca juga: Demi Karier Anda, 8 Hal Ini Tak Perlu Dibagikan di LinkedIn 

2. Menulis deskripsi yang hambar 

Selain menguraikan pengalaman magang dan kegiatan sukarela Anda, Decembrele mengatakan penting untuk tidak mengabaikan nilai deskripsi yang menjelaskan tentang latar belakang dan tujuan Anda. 

“Ada beberapa tempat di profil Anda di mana Anda dapat menyempurnakan pengalaman Anda dan menggambarkan apa yang Anda lakukan. Namun, ringkasan ini adalah peluang bagus untuk menggambarkan jenis peran yang Anda cari dan siapa Anda sebagai profesional yang berpengetahuan luas,” ucap dia. 

Decembrele merekomendasikan penggunaan 40 kata atau lebih dalam deskripsi Anda untuk membantu meningkatkan peluang Anda muncul dalam pencarian kerja. 

3. Gagal memberitahu perekrut bahwa Anda sedang mencari kerja 

Anda dapat mengatur profil LinkedIn untuk membuatnya sangat jelas bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. "Ini semacam memulai pencarian kerja tanpa Anda benar-benar harus mencari pekerjaan," terang Decembrele. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda tinggal mengklik pada "Pengaturan & Privasi" dan gulirkan ke preferensi mencari pekerjaan. Pilih "ya" dan biarkan perekrut tahu Anda sedang mencari peluang pekerjaan. 

“Ini akan memungkinkan perekrut melihat lokasi Anda, pengalaman dari pekerjaan sebelumnya dan jenis pekerjaan yang Anda cari, sehingga mereka dapat menjangkau Anda. Ini juga dimasukkan ke dalam rekomendasi pekerjaan (LinkedIn)," ujar dia. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills