real
        time web analytics

Dari Kami

Mau Hidup dari Musik di Indonesia, Catat Saran Ini


TOPCAREER.ID ­– "Kalau jaman dulu seseorang yang kerja di dunia musik itu kan dianggap tidak mampu menghidupi. Tapi sekarang ini kan dengan bermusik sudah mampu menghidupi, jadi orang tidak takut mempunyai pasangan musisi.”

Pendapat hal tersebut dikemukakan oleh A. Anggraini WM, Sekretaris Promosi PT Citra Intirama. Seperti diketahui, Citra Intirama saat ini mendistribusikan banyak brand terkenal dunia. Sebut saja merek DW Drums, Pearl Drums, Zildjian, Boss, Marshall, Ludwig, Tanglewood, Hartke, Roland, Ampeg, Zoom, Washburn, dan masih banyak lainnya.  

Di dunia musik Indonesia, perempuan yang akrab disapa Griny, bukan sosok sembarangan. Sebagai perwakilan dari salah satu distributor alat musik terbesar di Tanah Air ini, Griny sempat merasakan jatuh bangunnya industri musik di Tanah Air, seperti hantaman krisis ekonomi dua dekade lalu.

Lantaran sudah banyak makan asam garam di industri musik Indonesia, Griny pun memberikan saran untuk generasi muda yang ingin berkarier di dunia tersebut.

“Saran saya adalah konsisten. Karena hanya bertujuan cari uang saja juga tidak cukup,  dibutuhkan juga idealisme, inovasi, dan kreativitas. Jadi harus mengombinasikan semuanya.”

“Kemudian selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan bermusiknya dan tidak berpuas diri. Kalau itu dijalani maka kita banyak memiliki musisi yang bagus.”

Selain konsistensi, Griny mewanti-wanti para musisi baru untuk juga menjauhi Narkoba. “Tanpa Narkoba musisi musisi  kita dengan mudah dapat mengembangkan ide, kreativitas serta kemampuan bermusiknya dengan baik.

Menurutnya, musik juga merupakan salah satu faktor keseimbangan hidup. “Tapi karena mungkin saja dalam perkembangannya seorang musisi terpengaruh pada hal-hal yang kurang tepat sehingga  pada akhirnya berpengaruh terhadap imejnya dihadapan publik. Padahal tidak semua musisi seperti itu. Banyak musisi yang berhasil kan. Tapi yang penting murni bermain musik dan mencintai dunia musik sebagai bagian dirinya.”  

Selain itu, faktor penting yang perlu dibangun musisi adalah link. Karena menurutnya, dari link yang ada bisa mengkreasikan banyak hal dan memudahkan mereka untuk diketahui dan dikenal publik.

Terkait kemunculan ajang-ajang pencarian bakat untuk musisi khususnya artis penyanyi dalam beberapa tahun terakhir, Griny sangat mendukungnya.

"Sebab tuntutan jaman menginginkan itu. Kedepan harapannya makin diperbanyak tapi tentu harus benar-benar di seleksi. Betul-betul di jaga kualitasnya karena sekarang kita lihat yang ada  antara lain Idol, Rising Star, Voice dan lain-lain, bahkan sampai dangdut pun dibuat pencarian bakat sampai tingkat Asia Tenggara. Tidak apa-apa. Semua dengan kekhasan masing-masing tapi tetap harus berkembang.”  

Ketika disinggung apa yang membuatnya bertahan berkarier di industri musik, Griny dengan mantap menjawab karena kecintaan pada dunia pekerjaan.

“Apapun yang kita lakukan kalau kita mencintai pekerjaan kita semua bisa kita jalani. Tapi kalau kita melakukannya dengan beban maka yang ada hanya susah dan tidak akan bertahan. Kalau pekerjaan dimana saja sama. Tapi karena kecintaan membuat saya lebih kuat dan bertahan dalam setiap tugas yang diberikan.”

0 Comments

Skills