real
        time web analytics

Dari Kami

Mengenal Teknisi di Kereta Api


Sumber : KAI

TOPCAREER.ID – Dalam dunia perkeretaapian dikenal profesi teknisi. Tapi tahukah kamu profesi ini terbagi dalam beberapa jenis. Yuk kita coba intip ada apa saja. 

Teknisi Sarana Perkeretaapian

Sarana perkeretaapian terdiri dari kereta, gerbong, lokomotif dan sarana lain yang bergerak diatas jalan rel. Kereta Api yang siap beroperasi pastinya harus memiliki rangkaian sarana yang handal dan layak untuk beroperasi. Handal dan layaknya suatu sarana kereta api tidak lepas dari perawatan dan pemeliharaan sarana oleh pekerja sarana yang berada di depo-depo kereta/gerbong/lokomotif maupun di balai yasa.

Teknisi Sarana Perkeretaapian adalah petugas yang melaksanakan pemeriksaan dan perawatan sarana kereta api beserta komponen pendukung dan perlengkapannya. Pemeriksaan sarana kereta api dilakukan untuk mengetahui/memastikan kondisi dan fungsi sarana. Sedangkan, perawatan sarana meliputi perawatan berkala dan perbaikan untuk mengembalikan fungsinya.

Teknisi Jalan Rel dan Jembatan

Teknisi Jalan Rel dan Jembatan adalah pekerjaan yang tidak kalah pentingnya dalam keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api, pekerjaan ini memelihara jalan rel (bangunan atas/bawah) berikut segala peralatannya, perlengkapannya, sehingga tiap-tiap bagiannya dapat dengan aman dilalui dengan kecepatan puncak yang telah ditentukan.

Beberapa uraian pekerjaan Teknisi Jalan Rel dan Jembatan (JJ), antara lain: Melaksanakan perawatan dan perbaikan tubuh jalan KA alas balas, saringan, bantalan, penambat, dll; Menjaga bangunan-bangunan ditepi jalan rel dan penyerobotan tanah milik KAI. 

Tugas berikutnya bila ada kerusakan jalan KA harus diperbaiki sampai selesai; Bersedia setiap saat membantu mengatasi PLH (Peristiwa Luar biasa Hebat) yang terjadi didaerah sendiri maupun ditempat lain; Menjaga atau memelihara alat-alat regu agar setiap saat bisa digunakan dilintas, baik alat mekanik maupun manual; 

Teknisi Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik (Sintelis)

Sintelis punya peranan sangat penting dalam perjalanan kereta api. Tanpa perangkat persinyalan, kereta api tidak bisa beroperasi. Perangkat ini merupakan alat yang berfungsi sebagai isyarat berupa warna maupun bentuk yang dipasang di sepanjang rel. Alat itu akan memberikan isyarat tertentu untuk mengatur dan mengontrol pengoperasian kereta.

Di balik perangkat persinyalan telekomunikasi dan listrik kereta api ada tangan-tangan terampil yang bertugas merancang, membuat, dan merawat alat-alat tersebut. Nama profesinya: teknisi sinyal kereta api. 

0 Comments