real
        time web analytics

Dari Kami

Menkeu Rasakan Manfaat Besar Sosmed untuk Pemerintah


TOPCAREER.ID – Di era digital, instansi pemerintah pun tak ingin kalah memanfaatkan media sosial sebagai tempat penyampaian beragam informasi terkait capaian pemerintahan, tak terkecuali untuk Kementerian Keuangan. Sri Mulyani sebagai penggawa Menkeu sadar akan besarnya manfaat sosial media.

“Waktu saya kembali lagi ke Menkeu, yang saya lihat adalah biro komunikasi saya. Selama ini biro komunikasi masih protokoler,” cerita Menteri Keuangan, Sri Mulyani saat berbicara dalam acara Festival Media Digital Pemerintah pada Hari Antikorupsi Sedunia 2018. 

Protokoler yang dimaksud Menkeu, yakni biro komunikasi pemerintah selama ini hanya memberitakan soal acara-acara kepemerintahan saja. Padahal, ada banyak informasi yang harus diketahui masyarkat soal anggaran pemerintah.

Menurutnya, rakyat berhak mendapatkan informasi soal APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) misal, yang sebanarnya juga merupakan bagian dari akuntabilitas dan transparansi keuangan negara. 

“(Manfaat sosial media) untuk menjelaskan bahwa keuangan negara adalah concern kita semua, bisnisnya seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana uang diperoleh, bagaimana dialokasikan. Kalau tahu, maka akan semakin bertanggung jawab,” ujar Sri Mulyani.

Informasi-informasi seperti itu tidak bisa hanya mengandalkan biro komunikasi yang ada di instansi saja, apalagi melihat fenomena yang berubah terkait era digital. Banyak penduduk Indonesia saat ini yang menggunakan smartphone, termasuk beraktivitas lewat sosial media. 

Untuk itu, menurut Sri Mulyani, instansi pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan perlu mengubah strategi komunikasi demi menjangkau audience-nya. Sosial media lantas hadir sebagai jawaban yang paling efektif. 

“Kita perlu ubah strategi komunikasinya, caranya, kontennya dan bagaimana menjangkau masyarakat, sosial media paling efektif.” 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru