real
        time web analytics

Dari Kami

Menurut Riset, Ini Rata-rata Kesenjangan Gaji Laki-Laki dan Perempuan di Indonesia


TOPCAREER.ID - Hingga kini, masih banyak perempuan menghadapi berbagai tantangan dalam mengejar karier. Tak hanya soal membagi waktu dengan keluarga, banyak pula yang mendapati jika penghasilannya lebih kecil dari laki-laki. Masalah ini bahkan terjadi pada para aktris di industri perfilman Amerika Serikat. Bagaimana dengan di Indonesia

Berdasarkan penelitian, ketimpangan penghasilan antara perempuan dan laki-laki juga terjadi di Indonesia. Tak sedikit pekerja perempuan yang gajinya lebih sedikit dari laki-laki meski mereka dalam posisi yang sama. Hal tersebut terungkap dari analisis informasi data Korn Ferry Gender Pay Index. Index itu merupakan hasil analisis gaji berdasarkan gender dari 14.284 pegawai di 53 negara.

Dari survei, terungkap jika gaji perempuan memang lebih rendah dari pada laki-laki. Secara global, umumnya laki-laki menerima penghasilan 16,1% lebih banyak dari perempuan. Namun kesenjangan tersebut akan menurun ketika laki-laki dan perempuan yang dibandingkan menempati posisi sama. Misalnya pada level direktur, ketimpangan pendapatan turun menjadi 5,3 %.

Sedangkan jika dibandingkan dalam satu perusahaan, kesenjangan semakin rendah yakni sekitar 1,5 %. Sementara perbedaan gaji laki-laki dan perempuan yang satu posisi di satu perusahaan hanya sekitar 0,5 % jika dirata-rata.

"Perbedaan gaji ini dapat diatasi jika perusahaan berniat mengatasinya dan senantiasa meningkatkan jumlah karyawan perempuan yang menduduki posisi berpenghasilan tinggi, termasuk dalam jajaran manajemen senior dan fungsi seperti engineering dan disiplin ilmu-ilmu teknik lainnya," kata Bob Wesselkamper, Korn Ferry Head of Rewards and Benefits Solutions.

Bagaimana mana dengan di Indonesia? Berdasarkan riset, perbedaan gaji pekerja laki-laki dan perempuan di Indonesia tergolong rendah yakni 5,3%. Namun menariknya, saat dibandingkan di level yang sama, pegawai perempuan malah lebih diuntungkan karena perbedaannya negatif yakni -1,2%. Sedangkan saat gaji laki-laki dan perempuan di satu posisi dibandingkan ketimpangannya -1,7%.

Sementara jika dibandingkan di satu posisi dan satu perusahaan, perbedaannya dengan laki-laki lebih sedikit lagi yakni -4,1%. Artinya banyak perempuan karier di Indonesia yang gajinya justru lebih tinggi dari laki-laki.

Ternyata untuk kasus Indonesia ketimpangan penghasilan tidak banyak terjadi pada laki-laki dan perempuan di posisi dan perusahaan yang sama. Masalah kesenjangan lebih dikarenakan ketidakseimbangan tenaga kerja. Salah satu hal yang melatarbelakanginya adalah lebih banyaknya laki-laki yang menempati posisi atas dari pada perempuan.

"Kesetaraan gaji masih merupakan sebuah masalah nyata, namun hal ini dapat diatasi dengan upaya berkelanjutan untuk memberdayakan,mendukung danmenseleksi tenaga ahli perempuan untuk meraih posisi yang lebih tinggi,"ungkap Dhritiman Chakrabarti, Senior Client Partner, Regional Rewardsand Benefits Leader for Asia Pacific, Korn Ferry Hay Group.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru