real
        time web analytics

Dari Kami

Minum Lebih Banyak Bisa Bantu Atasi Insomnia


TOPCAREER.ID - Insomnia atau tak bisa tidur banyak dialami orang dewasa. Alasannya bervariasi, tapi umumnya adalah masalah psikologis ataupun konsumsi kafein yang berlebih. Tapi, penelitian terbaru menyebutkan bahwa kurang minum alias dehidrasi juga bisa bikin seseorang mengalami insomnia.

Penelitian yang dilakukan oleh para akademisi di Penn State University, Pennsylvania, menemukan fakta bahwa orang-orang yang tidur selama enam jam semalam memiliki urin yang lebih pekat daripada mereka yang tidur delapan jam semalam.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal SLEEP ini melibatkan lebih dari 20.000 orang dewasa di Amerika dan China, dan para peneliti menganalisis kebiasaan tidur dan sampel urin mereka. Para peneliti menyimpulkan bahwa hubungan antara kualitas tidur dan hidrasi berpengaruh pada hormon dalam tubuh yang disebut vasopressin.

“Vasopresin dilepaskan lebih cepat dan memengaruhi siklus tidur,” jelas pemimpin riset Asher Rosinger, yang merupakan asisten profesor di Penn State. 

“Jadi, jika Anda bangun lebih awal, ada lebih banyak hormon dilepaskan dan menyebabkan gangguan dalam hidrasi tubuh.”

“Jika Anda hanya tidur enam jam setiap malam, itu dapat mempengaruhi status hidrasi Anda.”

“Studi ini menunjukkan bahwa jika Anda tidak cukup tidur dan Anda merasa buruk atau lelah pada hari berikutnya, minumlah air lebih banyak,” kata Rosinger.

Dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah efek buruk pada tubuh, seperti pusing, merasa mengantuk, serta memiliki urin berwarna gelap dan berbau tajam.

Cara paling tepat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan minum banyak cairan sepanjang hari dan menghindari atau membatasi minuman seperti kafein, teh dan alkohol, yang dapat menguras cairan dari dalam tubuh.

Tetapi ketika ditanya berapa banyak air yang harus diminum setiap hari, beberapa ahli menyarankan empat liter sementara yang lain mengatakan dua liter.

Tapi yang pasti, minumlah air putih untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, bukannya dengan minum soda atau minuman manis. Ada banyak cara sehat dan lezat untuk mengatasi dehidrasi. Misalnya, coba tambahkan buah berry ke dalam air putih. Ini dapat menambah rasa pada minuman, sekaligus membantu meningkatkan konsumsi vitamin C Anda.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru