real
        time web analytics

Dari Kami

Modal Menjadi Seorang Penyiar Radio


TOPCAREER.ID – Seorang penyiar radio harus mampu membuat audience tertarik dengan obrolan yang medianya berupa audio atau suara. Penyiar radio harus pintar membawa mood pendengar dan menghibur dengan baik. Berikut modal yang dibutuhkan oleh seornag penyiar radio. 

1. Perluas wawasan  

Bukan hanya asal bersuara di ruang siaran. Semua yang dilakukan selama on air adalah hasil diskusi yang panjang dan kemudian dituangkan ke dalam naskah. Meski sudah ada naskah, penyiar radio tetap dituntut untuk memiliki wawasan yang luas soal apapun topik pembicaraan, update berita terkini. Hal itu sebenarnya memudahkan penyiar radio dalam menjalankan pekerjaannya. 

2. Suara yang berkarakter

Modal utama jadi penyiar adalah memiliki suara yang bagus rasanya sudah mulai bergeser. Kalian yang nggak dianugerahi suara merdu pun tak perlu khawatir, kalian tetap bisa jadi penyiar radio. Coba dengarkan Nycta Gina ketika siaran. 

Meskipun memiliki suara yang sedikit cempreng, Gina mampu membuat pendengarnya terhibur saat mendengarkannya. Gina sukses “menjual” karakternya yang unik, sehingga mampu menutupi kekurangannya. 

3. Pelajari etika dalam bersiaran

Terkadang tidak semua percakapan yang dilakukan penyiar kepada audience-nya tertulis di skrip. Penyiar radio harus membuat sedikit improvisasi namun tidak melewati norma atau etika penyiaran yang berlaku. Seperti tidak menyinggung SARA atau mengikutsertakan opini pribadi masuk dalam pembahasan topik yang sensitif. 

4. Menjadi pendengar yang baik

Seorang penyiar harus mampu memposisikan dirinya sebagai audience atau pendengar untuk mencapai level komunikasi yang bisa diterima. Bagaimana caranya? Mulailah berlatih menjadi pendengar yang baik, menjadi observer yang cermat. Dengan mendengarkan referensi dari berbagai penyiar atau kebetulan berbincang dengan salah satu pendengar kita jadi mendapatkan insight baru. 

5. Jalin relasi di luar ruangan siaran

Menjadi penyiar radio membuka kesempatan kita dikenal dan memiliki penggemar. Tidak hanya saling sapa saat siaran, kalian yang ingin benar-benar menekuni profesi ini juga harus mampu menjalin relasi yang baik di luar ruang siaran. Entah itu kepada pendengar, artis, produser musik atau siapapun orang yang bersinggungan dengan industri ini. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait