real
        time web analytics

Dari Kami

Mudah Atasi Panik Saat Presentasi


TOPCAREER.ID – Sebelum presentasi di atas panggung atau di depan ruangan, apakah Anda mengalami gejala fisik atau emosional seperti mual, telapak tangan yang berkeringat, kecemasan, atau perasaan panik? 

David Greenberg, presiden dan CEO Simply Speaking dan penulis buku terlaris Simply Simply Speaking! The No-Sweat Way to Prepare and Deliver Presentations, adalah pakar terkemuka tentang topik ini. Greenberg menawarkan strategi yang bermanfaat untuk menghilangkan kecemasan presentasi atau pidato.

1. Terima bahwa gugup bukan hal yang buruk

Greenberg berkata, menjadi gugup berarti Anda peduli untuk memberikan presentasi yang baik. Kegugupan Anda menghasilkan adrenalin, yang membantu Anda berpikir lebih cepat, berbicara lebih lancar, dan tambahkan antusiasme yang dibutuhkan untuk menyampaikan pesan Anda. 

2. Jangan mencoba menjadi sempurna

Greenberg menjelaskan bahwa ketakutan berbicara di depan umum sering kali berasal dari rasa takut akan ketidaksempurnaan. Dia mendesak kita untuk menerima kenyataan bahwa tidak ada yang pernah sempurna dan Anda juga tidak. Alih-alih berusaha untuk menjadi pembicara super, saran sederhana Greenberg adalah menjadi diri sendiri. “Audiens Anda akan menghargainya," kata Greenberg dalam laman Inc.

3. Ketahui materi pelajaran Anda

Seseorang harus mendapatkan hak untuk berbicara tentang topik tertentu. Menjadi otoritas pada topik Anda dan tahu lebih dari sebagian besar atau semua orang di audiens Anda. “Semakin banyak Anda tahu, Anda akan semakin percaya diri," ujarnya

4. Libatkan audiens Anda

Keterlibatan audiens adalah kuncinya. Ajukan pertanyaan audiens Anda atau minta mereka berpartisipasi dalam suatu kegiatan untuk menarik perhatian mereka. Greenberg mengatakan bahwa mengubah presentasi Anda dari monolog ke dialog membantu mengurangi kegugupan Anda dan melibatkan penonton.

5. Bernapas

Bernapas dari otot perut, bukan dada, menenangkan sistem saraf. Inilah yang harus dilakukan: Tarik napas dalam-dalam beberapa saat sebelum dan bahkan selama presentasi Anda. “Ketika Anda menarik napas, katakan pada diri sendiri 'saya,' dan ketika Anda menghembuskan napas, katakan santai.”

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait