real
        time web analytics

Dari Kami

Ngeri, Jakarta Pengidap Diabetes Tertinggi


TOPCAREER.ID - Riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan prevalensi penyakit tidak menular terus meningkat. Tidak terkecuali diabetes atau biasa disebut kencing manis. Data menyebutkan, Jakarta memiliki jumlah pengidap diabetes paling tinggi dibanding kota lain di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Pada Riskesdas 2018, tercatat 3,4 persen orang Jakarta mengidap diabetes. Angka ini meningkat dari 2,5 persen di 2013.

"Data tersebut tentu yang sudah terdiagnosis oleh tenaga ahli. Belum lagu kalau yang belum terdiagnosis, itu bisa sekitar 3 sampai 4 lipat sekitar 11 sampai 13 persen," tutur dr Dicky Levenus Tahapary, SpPD dari RS Cipto Mangunkusumo.

Menurut dr Dicky, ada dua faktor yang menyebabkan tingginya diabetes di Jakarta. Faktor yang pertama adalah gaya hidup yang antara lain mencakup pola makan dan aktivitas fisik.

"Masih banyak yang pola makannya tinggi kalori dan lemak jenuh, lalu kurang beraktivitas, serta faktor lainnya seperti lingkungan yang berpolusi dan juga stres," jelas dr Dicky.

Namun di sisi lain, dr Dicky menyebut deteksi yang bagus di Jakarta juga berpengaruh pada tingginya angka diabetes. Di daerah lain, bisa jadi jumlah pengidap diabetes tercatat lebih rendah karena masih banyak yang tidak terdeteksi.

0 Comments

Skills