real
        time web analytics

Dari Kami

Nongkrong di CFD Jadi Trik Ampuh Promosi Hasil Karya


TOPCAREER.ID – Sudah punya bakat menggambar nih yang hasilnya bagus-bagus, tapi bingung bagaimana mempromosikan atau ngejualnya. Ikut komunitas mungkin bisa jadi salah satu jalan, tapi kamu bisa simak cara ampuh yang suda terbukti dari ahlinya langsung, nih.

Seniman sketsa wajah, Mozley Ahmad Kusnandar yang sudah malang melintang menggambar beragam wajah orang ini, berbagi bagaimana triknya untuk memasarkan hasil karya kepada orang lain. Nah, kalau sudah dikenal dengan karya yang bagus, kelak uang pun datang degan sendirinya.

Jangan Sampai Ketinggalan Pensil dan Kertas

Mozley mengatakan bahwa ke mana pun dia pergi tak pernah lepas dari kertas dan pensil. Untuk apa? Ya jelas, untuk menggambar sketsa wajah orang-orang yang ditemuinya saat di perjalanan. Nah, hasilnya itu akan ia berikan cuma-cuma kepada orang yang ia gambar wajahnya itu.

“Misalkan saya beli handphone (HP), kan banyak tuh orang di toko. Nah, sambil nunggu HP itu diurus, saya gambar dia, orangnya senang banget kalau digambar. ‘Wah mau dong,’ temannya nyamber. Jadi mereka itu nanti upload di Facebook atau Instagram mereka, terus nyebut nama saya,” kata Mozley kepada TopCareer.id.

Kalau sudah disebar ke berbagai sosial media seperti itu, biasanya bisa menjaring banyak pelanggan baru. Memang, semula ia berikan gratis atau cuma-cuma saja, namun selanjutnya jika sudah benar-benar pesan, aka nada hitungannya sendiri.

Nongkrong di Event Ramai

Enggak lupa kan untuk selalu bawa kertas dan pensil, nah setelah itu kamu bisa ikutin cara selanjutnya nih. Coba tongkrongin tempat-tempat acara yang ramai. Mozley sendiri kadang nogkrongin Car Free Day (CFD), di mana banyak target yang bisa ia gambar dan dijadikan bahan promosi.

Mozley benar-benar mamanfaatkan ajang CFD untuk mempromosikan karya. Ia tak pernah mematok harga untuk sebuah hasil karya sketsa wajah saat di CFD itu. Jadi, tiap orang yang datang ke tempatnya untuk digambar, mau bayar atau tidak bayar ya tidak masalah baginya.

“Seikhlasnya. Orang yang ada di Car Free Day itu kan kita enggak tahu latar belakang mereka apa. Ada yang bos, ada yang karyawan, ada yang pengusaha. Kalau pas ketemu liputan TV saya diliput lumayan ajang promosi,” ujar Mozley.

“Orang pada nanya, ‘Pak saya kalau mau bayar berapa, Pak.’ Kalau mau bayar saya kasih tahu harganya, misal 1 sketsa Rp250 ribu-Rp400 ribu. ‘Wah mahal ya,’ tapi ini seikhlasnya saja. Mau bayar boleh, enggak bayar enggak apa-apa.”

Mozley mengatakan hal yang dilakukan itu tak merugikan baginya. Dengan kegiatan tersebut juga, kata dia, bisa melancarkan keahliannya, melatih mental, serta banyak dikenal orang.

Lantaran bayar seikhlasnya, ada orang yang memberikan Rp100 ribu, Rp50 ribu, atau bahkan Rp20 ribu. Biasanya Mozley mulai nongkrong di CFD mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 09.00 pagi.

Selipkan Tanda di Tiap karya

Mozley menambahkan, biasanya hasil gambar yang telah selesai akan ia selipkan semacam tanda yang memberitahu bahwa gambar tersebut adalah hasil karyanya.  

Setidaknya ada informasi seperti nama dan nomor telepon yang ia berikan sehingga bisa mudah dihubungi jika memang ada pesanan lebih lanjut.

0 Comments

Lowongan Terbaru