real
        time web analytics

Dari Kami

Observasi Terbang: Merasakan Tugas Pramugari Sesungguhnya


Ilustrasi.

TOPCAREER.ID – Ketika menjalani program sekolah pramugari, ada yang namanya praktik obeservasi terbang. Praktik ini menuntut peserta didik yang ingin menjadi pramugari paham dari awal hingga akhir soal kerja dan tugas pramugari secara nyata. 

Di setiap sekolah pramugari biasanya ada observasi terbang. Program belajar satu ini seperti mengaplikasikan secara langsung materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Para peserta didik bakal terjun melihat dan merasakan standar kerja secara profesional di dunia penerbangan.

“Yang kami observasi adalah bagaimana kondisi di bandara dari mulai ticketing, boarding, sampai dengan flight,” kata pendiri sekolah pramugari Metro Airline School (Metschool), Yosh R. Lukman kepada TopCareer.id

Hal itu terkait observasi bandara, mulai dari awal penumpang datang ke bandara hingga siap terbang. Kalau sudah di dalam pesawat, tugas pelayanan langsung diambil alih oleh para pramugari ini. 

Ketika observasi terbang, para siswa harus tahu mereka terbang dengan pesawat jenis apa, kemudian berapa jumlah tempat duduknya, lalu pintu daruratnya. Termasuk juga, siapa saja pramugari yang bakal dinas bersama, ada berapa orang penerbangan yang terlibat. 

“Kami minta ada report, mereka harus display di laporan. Sampai dengan landing. Mulai landing sapai dengan bagasi handling seperti apa,” ujarnya.

Tak hanya satu karakter pesawat saja, melainkan untuk dua tipe pesawat berbeda, yakni LCC (low cost carrier) dan yang komersil. Tujuannya, agar para siswa paham service seperti apa yang harus diterpkan di kedua karakter penerbangan ini. 

Yosh menambahkan bahwa tiap pesawat akan berbeda, begitupun dalam handling penumpang. Pramugari harus hapal secara detail terkait dengan keamanan terbang serta kenyamanan penumpang. 

“Pertama pergi dan pulang airplane-nya pasti beda. Lalu kebutuhan kami di Jakarta ada dua airport, Halim dan Soetta (Bandara Soekarno-Hatta) sehingga dua-duanya harus kena. Kami biasanya flight seumpamanya dari Halim, nanti pulangnya dengan airplane yang berbeda ke Jakarta mendarat di Soetta.”

Biasanya dalam observasi terbang ini, para peserta didik bakal dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian mereka akan diminta untuk membuat laporan atas observasi yang sudah dilakukan. Dari laporan itu kemudian dipresentasikan. 

“Observasi terbang ini nantinnya masing-masing anak itu haru buat report laporan, satu laporan dua anak,” pungkas Yosh. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru