real
        time web analytics

Dari Kami

Olahraga Ideal untuk Pekerja Kantoran Menurut Personal Trainer


TOPCAREER.ID – Bagi pekerja kantoran, meluangkan waktu untuk berolahraga rasanya menjadi hal yang langka, padahal semua orang butuh olahraga, apalagi pekerja kantoran. Mungkin cukup luangkan 30 menit selama tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan tubuh sehat bagi para pekerja kantoran. 

Seorang personal trainer di Golds Gym, Imanuel Adiputra Patandung berbagi soal olahraga yang ideal untuk para pekerja kepada TopCaree.id. Ia yang sudah delapan tahun bergelut di industri kebugaran ini menyampaikan bahwa sebenarnya sama saja kebutuhan olahraga antara pekerja kantoran atau yang bukan. 

Namun, jika dilihat dari kesibukannya, pekerja kantoran perlu menyiasati waktu olahraganya agar tetap sehat meski dengan jadwal yang padat. 

“Tapi dilihat dari kesibukannya, minimal kita latihan itu dalam seminggu 3 kali, maksimal 5 kali. Durasinya paling efektif itu satu jam, untuk paling sebentarnya ya 30 sampai 45 menit,” kata laki-laki yang akrab disapa Nuel ini kepada TopCareer.id. 

Latihan dengan intensitas waktu 30 menit hingga 45 menit dalam 3 kali seminggu dinilainya menjadi olahraga yang ideal bagi para pekerja kantoran. Setidaknya intensitas olahraga itu sudah bisa mengimbangi dari risiko penyakit-penyakit yang menghantui para pekerja kantoran.

Nuel menyarankan latihan atau olahraga yang dilakukan dengan intensitas itu mengarah pada functional training. Functional training sendiri merupakan gerakan-gerakan yang melatih tubuh agar bekerja lebih baik dalam melakukan gerakan pada kegiatan sehari-hari, seperti mengangkat tas belanjaan, menaiki tangga, atau menggendong bayi sambill menelepon. 

Dalam laman True Fitness, setidaknya ada tiga manfaat yang diberikan dari latihan functional training ini, yaitu:

1. Keseimbangan otot yang lebih baik dan stabilitas sendi

2. Kurangi jumlah cedera yang diderita dalam kinerja seseorang dalam suatu olahraga

3. Meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk bergerak dalam enam derajat kebebasan.

“Latihan-latihan yang sifatnya total body workout. Jadi, dalam satu hari itu mereka latihan untuk seluruh anggota tubuh atau seluruh otot, ya sekitar 30 menit sampai 60 menit itu efektif. Latihan yang simple lebih menggunakan berat badan kita sendiri, kayak squad, push up, atau bisa menggunakan bantuan dari alat-alat olahraga yang mudah,” jelas Nuel. 

Alat-alat functional yang dimaksud Nuel, seperti dumbbell juga ada bosu ball. Jadi, lanjut Nuel, para pekerja kantor ini bisa berolahraga secara efektif meski hanya meluangkan waktu 30-45 menit dengan gerakan sederhana namun mampu melatih seluruh otot untuk bekerja. 

 

0 Comments