real
        time web analytics

Dari Kami

Olahraga Malam Efektif Turunkan Berat Badan?


TOPCAREER.ID – Apakah pikiran bangun sebelum bekerja untuk berolahraga membuat Anda ngeri? Jika demikian, Anda beruntung - karena berolahraga di malam hari sebenarnya lebih baik untuk menurunkan berat badan daripada olahraga pagi.

Sebuah tinjauan dari dua studi yang meneliti jam tubuh dan aktivitas fisik telah menyimpulkan bahwa berolahraga di malam hari mungkin lebih produktif.

“Sudah cukup diketahui bahwa hampir setiap aspek fisiologi dan metabolisme kita ditentukan oleh jam sirkadian," kata penulis senior salah satu studi, Gad Asher, dari departemen ilmu biomolekuler di Weizmann Institute of Science di Israel.

“Ini benar tidak hanya pada manusia tetapi pada setiap organisme yang sensitif terhadap cahaya. Kami memutuskan untuk bertanya apakah ada hubungan antara waktu hari dan kinerja olahraga.”

Studi tersebut mengamati hubungan antara waktu hari dan kinerja olahraga terutama pada tikus. Tetapi karena tikus aktif di malam hari, para ilmuwan pertama-tama harus menerjemahkan jam tikus menjadi jam manusia.

Satu studi melihat tikus kecil yang diletakkan di treadmill pada waktu yang berbeda dalam jam aktif mereka. Para ilmuwan kemudian memeriksa kapasitas latihan tikus pada intensitas dan rezim latihan yang berbeda dan menemukan bahwa kinerja latihan keseluruhan secara signifikan lebih baik di "malam tikus" dibandingkan dengan jam pagi.

Mereka juga menemukan bahwa dalam "malam tikus," makhluk memiliki tingkat metabolit yang lebih tinggi yang disebut ZMP, yang bertanggung jawab untuk regulasi metabolisme.

Para ilmuwan juga mengamati 12 manusia dan menemukan hasil yang serupa. Orang-orang cenderung berolahraga lebih efektif di malam hari dibandingkan dengan pagi hari berkat fakta bahwa mereka memiliki konsumsi oksigen yang lebih rendah.

Studi kedua juga melibatkan tikus yang menggunakan treadmill tetapi kali ini, para ilmuwan juga mencatat perubahan yang terjadi pada jaringan otot mereka sebagai respons terhadap olahraga.

Namun, tidak ada penelitian yang menemukan bahwa berolahraga adalah hal pertama untuk pilihan yang optimal. Penting untuk ditekankan bahwa ini hanyalah awal waktu terbaik untuk berolahraga dan studi ini sebenarnya dilakukan di laboratorium, yang berarti bahwa faktor gaya hidup eksternal tidak ada.

Jika Anda menikmati berolahraga sebelum bekerja, lanjutkan. Olahraga itu bagus untuk Anda, kapan pun Anda melakukannya. Tetapi jika Anda benar-benar lebih baik jika di pagi hari, jangan memaksakan diri untuk melawan jam tubuh Anda - sama baiknya dan bahkan mungkin lebih baik.

 

0 Comments