real
        time web analytics

Dari Kami

Orang Tetap Suka Bergosip Meski Tahu Itu Bohong


TOPCAREER.ID – Hayoo..siapa yang suka konsumsi berita-berita gosip atau bahkan ngegosip? Menurut penelitian, orang memang sangat dipengaruhi oleh gosip, bahkan ketika tahu bahwa gossip itu merupakan hal yang tidak dapat dipercaya.

Penelitian tersebut ada dalam jurnal Emotion yang menunjukkan bahwa kualifikasi seperti "diduga" tidak berbuat banyak untuk meredam efek informasi negatif pada kesukaan seseorang.

“Kata-kata dan frasa seperti 'tampaknya', 'diduga' atau 'dicurigai' sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari, di media sosial, dan dalam liputan media tentang orang-orang, untuk menandakan kebenaran informasi yang dipertanyakan,” kata penulis studi Julia Baum dari Humboldt-Universität zu Berlin dan Berlin School of Mind and Brain.

Istilah-istilah ini, tambahnya, bahkan melayani tujuan hukum dan dimaksudkan untuk mencegah tuduhan, prasangka, dan pencemaran nama baik yang salah. Namun, sampai sekarang, hanya sedikit yang diketahui tentang bagaimana otak kita memproses informasi yang berhubungan dengan gosip dan bagaimana hal ini memengaruhi penilaian.

Dalam dua percobaan, dengan total 56 peserta Jerman, para peneliti menemukan bahwa penilaian orang sangat dipengaruhi oleh informasi positif atau negatif, bahkan jika informasi itu disajikan secara tidak pasti.

Dalam penelitian ini, para peserta melihat foto-foto wajah yang tidak dikenal dan menerima informasi verbal tentang orang tersebut, yang dapat disajikan sebagai fakta yang dapat dipercaya (mis. "Dia menindas muridnya.") Atau gosip yang tidak dapat dipercaya (mis. Ia diduga menindas muridnya.”).

“Eksperimen menunjukkan bahwa kita cenderung menilai orang berdasarkan emosi yang kuat, bahkan jika penilaian ini berdasarkan pada bukti yang tidak dapat diandalkan.

Karena itu, sarannya, kita harus sadar bahwa menandai informasi yang secara verbal tidak dapat dipercaya ('diduga') tampaknya tidak memiliki konsekuensi yang diinginkan untuk mencegah prasangka atau pencemaran nama baik.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills