real
        time web analytics

Dari Kami

Pas Interview Ditanya, Apa Kelemahan Terbesarmu? Gini Jawabnya


TOPCAREER.ID – “Sebutkan kelemahan terbesarmu?” Bagi yang pernah interview kerja pasti kedapatan pertanyaan ini. Pertanyaan template yang diajukan oleh tim rekrutmen ketika melakukan interview dengan kandidat kerja. Begini cara menangani pertanyaan klise tersebut, seenggaknya biar tidak kebingungan.

Seorang kolumnis serta konsultan pekerjaan, Alison Green menyarankan dua bagian jawaban untuk pertanyaan yang ditakuti itu. Dia mengatakan penting untuk berpikir serius dan jujur tentang kelemahan apa yang membayangi saat bekerja, tapi coba kemudian berikan juga usaha apa yang telah dilakukan untuk memperbaikinya.

Dalam kolom mingguannya untuk The Cut, “Ask a Boss,” Alison Green menunjukkan pentingnya menjawab pertanyaan yang tidak nyaman dengan jujur. Ia menyarankan dua bagian proses untuk menganalisis dan mendiskusikan kelemahan dalam wawancara kerja.

Bagian pertama yang perlu diingat, merefleksikan dan mengidentifikasi kelemahan. Cara terbaik untuk bersiap-siap, yakni luangkan waktu untuk berpikir serius tentang titik kelemahanmu yang berhubungan dengan pekerjaan.

“Pikirkan: Apa yang sudah kamu perjuangkan untuk mengatasi itu? Apa yang tidak alami bagimu? Dorongan seperti apa yang telah diberikan oleh para manajer untukmu saat di kantor yang lalu,” kata Alison Green dalam laman Business Insider.

Langkah kedua adalah memikirkan apa yang kamu lakukan untuk memperbaiki kelemahan itu. “Inilah bagian kedua: Apa usaha yang kamu lakukan tentang hal itu?”

Ia melanjutkan, memang tidak bisa sepenuhnya memasukkan jawaban itu dalam setiap kasus, tetapi idealnya akan membicarakan tentang apa yang telah dilakukan untuk memperbaiki dampak dari kelemahanmu ketika dalam pekerjaan.

Green tidak sendirian dalam memberikan saran kepada pencari kerja untuk jujur tentang kelemahan mereka dan untuk berbicara tentang apa yang telah mereka lakukan untuk meningkatkannya.

“Ketika saya bertanya tentang kelemahanmu, apa yang sebenarnya ingin saya ketahui adalah, apakah kamu cukup mengetahui bahwa kamu memiliki kelemahan,” kata penulis keuangan pribadi dan pembicara, Ramit Sethi. 

“Semua orang punya kelemahan. Tokoh terbaik, orang terbaik yang saya kenal, mereka sangat berterus terang tentang kelemahan mereka.”

Apa yang dicari pewawancara adalah bahwa kamu cukup sadar untuk bekerja pada mereka untuk memperbaikinya.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru