real
        time web analytics

Dari Kami

Pekerja Kantoran Rentan Gangguan Jiwa Jika Kurang Olahraga


TOPCAREER.ID – Kurang olahraga ternyata bisa menimbulkan beragam efek negatif. Salah satunya rentan terkena risiko ganggu jiwa. Apalagi jika kamu pekerja kantoran.  

"Banyak orang yang datang ke klinik sakit ini sakit itu sebetulnya bukan sakit. Tapi stres yang menimbulkan rasa sakit. Jadi setelah diajak ngomong ternyata iya (stres-red) dan itu banyak," tutur Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, Kartini Rustandi.

Kartini menambahkan saat ini mental health menjadi fokus di Kementerian Kesehatan karena banyak sekali kasus-kasus gangguan kejiwaan. Salah satu program kesehatan kerja yakni bagaimana pekerja harus bisa mengelola stres.

"Berbagai upaya dilakukan untuk pengelolaan stres. Peregangan adalah salah satu upaya. Ketika olahraga, kita akan mengeluarkan endorfin membuat rasa senang. Tapi seringkali kalau disuruh olahraga pusing duluan," ujarnya.

Upaya lain yang dilakukan adalah memberikan waktu khusus bagi pekerja untuk melakukan hal yang mereka sukai. Berhenti atau melepaskan diri sejenak efektif untuk melepaskan stres dan kejenuhan.

"Jadi memang ada upaya pengelolaan stres itu berbagai macam. Bisa juga dengan pekerja diberikan me time atau suatu waktu untuk dirinya sendiri," ujarnya.

0 Comments

Lowongan Terbaru