real
        time web analytics

Dari Kami

Penentuan Posisi Pemain Bola Udah Bisa Dilihat Pas Umur Segini


TOPCAREER.ID – Dalam bermain sepak bola, penentuan posisi  dilakukan harus sesuai dengan karakteristik juga kekuatan pemain. Nah, kalau di sekolah sepak bola penentuan posisi atau spesialisasi posisi ini sudah bisa dilakukan pada usia anak 13 tahun. 

“Spesialisasi atau penentuan posisi ada, dan itu bisa dilakukan setelah si anak usia 13 tahun. Di mana kami bisa menentukan bakat si anak itu bagusnya di mana. Spesialisasi posisi di usia 13,” kata Pelatih usia 13 di Akademi Sepak Bola Intinusa Olah Prima (ASIOP) Apacinti, Yayat Supriyatna kepada TopCareer.id

Secara teori kepelatihan, kata Yayat, anak umur 8 hingga 12 tahun itu merupakan masa grass root atau akar rumput sehingga belum ada spesialisasi posisi. Hal itu lantaran secara psikologi, umur-umur segitu masih kerap berubah-ubah.

“Mereka juga bisa berubah-ubah, bisa jadi pemain belakang, bisa jadi pemain depan, atau goal keeper. Nah setelah umur 13 baru ada penentuan si anak ini punya kelebihan di mana,” ujar Yayat. 

Lalu penentuan posisi untuk pemain usia dini ini dilakukan berdasarkan apa ya? Yayat menjawab bahwa perjalanan si anak sudah bisa dilhat sejak usia 12 tahun, misal dari kemampuan serta kelebihan anak. Jadi, sudah bisa diteropong akan terampil di posisi mana. 

Selain dari kemampuan yang sudah terlihat di usia tertentu, penentuan posisi ini juga dilihat dari beberapa faktor lainnya, seperti bakat tertentu, postur tubuh, dan kekuatan yang paling dimiliki oleh si anak. 

“Itu juga salah satu pertimbangan kami untuk menentukan si anak  bermain di posisi apa. Contoh pemain yang punya kecepatan, mungkin bisa kami letakkan di pemain sayap atau striker karena biasanya kelihatan seperti itu,” sambung Yayat. 

Untuk menujang performa si anak dalam bermain di posisinya, Yayat sebagai pelatih tentu akan mengajarkan si anak agar bisa melakukan permianan secara taktik, teknik, juga mental. Diharapkan usai lulus dari sekolah bola saat usia 16 tahun bisa paham bagaimana bermain individu, unit, dan tim. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru