real
        time web analytics

Dari Kami

Perbesar Lolos Seleksi Lewat Simulasi Rekrutmen Pramugari


TOPCAREER.ID – Untuk memantapkan hasil belajar siswa terhadap materi yang diberikan, biasanya sekolah pramugari bakal ada program simulasi rekrutmen. Simulasi ini layaknya proses seleksi pramugari di masakapai penerbangan pada umumnya. 

Pendiri sekolah pramugari Metro Airline School (Metschool), Yosh R. Lukman menyampaikan bahwa simulasi rekrutmen ini biasanya dilakukan di pertengahan waktu program belajar. Semua siswa dikondisikan seperti rekrutmen sungguhan pada maskapai penerbangan. 

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk menyiapkan mental para peserta didik menghadapi proses rekrutmen sesungguhnya. Dan sejauh apa penyerapan materi yang sudah diberikan selama program belajar. 

“Siswa datang ke sini (sekolah), termasuk juga lay out ruangan kami ubah semuanya, seolah-olah mereka melakukan rekrutmen betulan. Semua siswa antre di luar, termasuk juga berkas lamaran itu kami review one by one, seperti itu,” kata Yosh kepada TopCareer.id

Karena ada saja siswa yang merasa belum siap untuk melakukan rekrutmen sehingga malah gagal dalam seleksi. Simulasi ini diciptakan untuk meminimalisasi kesalahan terkait kesiapan mental agar peserta bisa lolos seleksi pramugari maskapai. 

Selain kesiapan mental, tentu saja diuji dari kesiapan materinya. Nah, setelah simulasi rekrutmen dilakukan, akan ada review atau evaluasi. 

Siswa yang gagal pada simulasi rekrutmen ini akan terus dipantau, dan berusaha melakukan perbaikan kesalahan tersebut. Termasuk misal kurang dalam hal performance test, seperti tinggi dan berat badan. Atau gagal dalam materi penerbangan.

“Biasanya simulasi rekrutmen kami lakukan di bulan ketiga atau keempat karena kalau di akhir kami tidak punya cukup waktu untuk melakukan koreksi. Sehingga anak siswa dikirim, anak itu harus siap rekrut,” tandas Yosh.

Untuk program belajar di sekolah pramugari ini memakan waktu selama 6 bulan. Selepas enam bulan belajar pun, siswa akan dikawal hingga lolos seleksi menjadi pramugari. Biasanya selepas sekolah, ada yang namanya tahap konseling demi memastikan siswa bisa tersalurkan ke maskapai tujuan.  

 

0 Comments

Lowongan Terbaru