real
        time web analytics

Dari Kami

Perhatikan Ini Saat Plating Food


TOPCAREER.ID Plating food memang erat kaitannya dengan kreativitas dan eksplorasi. Banyak contoh plating food yang unik dan menarik. Namun, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan dan larangan yang sebaiknya tidak dilakukan. Berikut list yang harus diperhatikan dalam plating food seperti dilansir dalam laman The Art of Plating.

Wadah

Lakukan : Sajikan di piring atau tempat yang tak terduga. Kamu bisa bebas berkreasi.

Jangan : Kebanyakan mikir. Ketika kamu menata hidangan, gunakan feeling-mu. Jika menata buah serta jusnya seperti smoothie bowl, gunakan wadah yang cembung. Kalau hanya buah-buah potong segar, gunakan wadah keramik yang flat.

Rencana

Lakukan : Pikirkan terlebih dulu hidangannya sebelum kamu berniat melakukan plating food. Setidaknya kamu mengetahui hidangan apa yang ingin disajikan. Itu berarti kamu juga harus memikirkan bagaimana warna, tekstur, serta ukuran yang tepat sebelum mulai memasak.

Jangan : Letakkan semuanya di piring. Meskipun tampilan bukanlah segalanya, akan lebih baik bukan kalau memberi tamu dengan hidangan yang enak dilihat mata agar mereka lebih berselera.

Hiasan

Lakukan : Gunakan hiasan dengan visual yang menarik.

Jangan : Pakai garnish selengkap-lengkapnya. Bahkan, jika hiasan itu membuat sajian tampak lebih baik, jangan sampai kamu korbankan bumbu masakan. Lagipula, intinya adalah menyajikan makanan lezat dengan cara yang menarik, bukan malah menampilkan makanan yang tidak sedap.

Warna

Jangan : Gunakan warna menyala. Kamu bisa menggunakan warna yang benar-benar menonjol di atas piring. Misal, di piring putih, coba letakkan warna oranye atau kuning agar lebih menonjol.

Jangan : Tabrak warna. Meski warna-warna cerah menjadi keindahan plating food yang pasti, namun tetap jaga warna-warna itu saling melengkapi satu sama lain. Sepeti cokelat dan hijau.

Detail

Lakukan : Tambahkan detail. Memiliki selera yang bagus dala memanjakan mata itu penting dalam food plating. Tambahkan detail hiasan. Seperti daun parsley atau diberikan saus yang dituang sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan artsy dan tampak mewah.

Jangan : Memakai banyak saus. Terkadang, dalam plating food sedikit lebih baik daripada berlebihan.

0 Comments

Lowongan Terbaru