real
        time web analytics

Dari Kami

Peringkat 43 se-Asia, UGM Kalahkan 3 Universitas Terbaik di Korsel


TOPCAREER.ID – Lembaga 4ICU (4 International Colleges & Universities) atau UniRank merilis rangking 200 universitas top di Asia. Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam urutan 50 besar, yakni di peringkat 43. Bahkan peringkat itu mengalahkan KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology) yang berada di urutan 72.

KAIST salah satu universitas terbaik di Korea Selatan, bahkan terbaik kedua setelah Seoul University. KAIST merupakan salah satu tempat riset nasional pertama yang berfokus pada ilmu pengetahuan dan lembaga teknik. KAIST memiliki beberapa kampus di luar negeri, termasuk di Eropa.

Menurut QS World University Ranking, KAIST masuk dalam peringkat 41 universitas terbaik di dunia pada 2018 ini. Selain itu, peringkat UGM dalam 4ICU juga mengalahkan dua univeristas terbaik Korea Selatan lainnya, yakni Yonsei University di peringkat 47 dan Korea University berada di peringkat 56. 

Dalam peringkat 4ICU, ada 8 kampus Indonesia yang masuk dalam 200 univeristas top di Asia itu. Dan UGM menjadi salah satu universitas yang masuk dalam 50 besar. Dilanjutkan oleh Universitas Indonesia, Depok dan Jakarta di posisi 107.

Kemudian Universitas Sebelas Maret, Surakarta di posisi 120, Universitas Diponegoro, Semarang di posisi 171, Institut Pertanian Bogor di posisi 175, dan Universitas Brawijaya, Malang di posisi 181.

Lembaga 4ICU atau UniRank merupakan direktori pendidikan tinggi dan mesin pencari internasional terkemuka yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 universitas dan kolese yang diakui secara resmi di 200 negara.

Universitas yang masuk penilaian dalam 4ICU ini tentu harus memenuhi kriteria. Kriteria itu di antaranya, bahwa perguruan tinggi harus memiliki lisensi dan atau terakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di masing-masing negara. 

Kemudian perguruan tinggi menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktor). Kriteria lainnya, perguruan tinggi setidaknya memiliki sistem pendidikan dalam format tatap muka dan non jarak jauh. 

Sementara, komponen penilaian yang digunakan mulai dari Google Page Rank, Alexa Traffic, dan Majestic SEO (meliputi Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust).

 

0 Comments

Lowongan Terbaru