real
        time web analytics

Dari Kami

Perlengkapan Wajib Para Pebalap Mobil


TOPCAREER.ID – Dalam setiap sesi balap mobil, para pebalap ini bakal menggunakan perlengkapan keamanan wajib yang tak boleh ketinggalan. Tahu enggak perlengkapan wajib bagi para pebalap mobil apa saja? Berikut ulasannya. 

1. Helm

Benda pertama dan yang paling penting adalah adalah helm. Selayaknya helm pada umumnya, benda ini digunakan untuk melindungi kepala. Namun, untuk pembalap mobil, tentu jenis dan standarnya berbeda. Standar helm yang digunakan untuk balap mobil adalah Snell SA.

Dalam memilih helm, pilihlah helm yang paling nyaman. Misal, memilih helm yang tidak terlalu longgar namun juga tidak terlalu sempit. Kemudian, Akan lebih baik jika memilih helm yang ringan sehingga dapat mengurangi ketegangan di otot leher.

2. Baju balap / racing suits

Perlengkap[an satu ini tentu untuk menunjang keamanan tubuh. Baju balap yang harus dipilih adalah baju yang fire resistant atau tahan api dan berstandar SFI (Sema Foundation, Inc) Rated  atau harus sesuai dengan standar organisasi tersebut. 

3. Balaclava

Balaclava atau bisa juga disebut dengan hoodsock adalah pengaman kepala yang digunakan sebelum memakai helm. Terdapat tiga jenis Balaclava, yaitu hanya mata yang terlihat, hanya mata dan hidung yang terlihat, dan semua wajah terlihat. Benda ini di design tahan api sehingga dapat melindungi pembalap mobil. Pemakaian balaclava akan meningkatkan ½ sampai 1 ukuran helm4. Kaus kaki, sepatu, dan sarung tangan tahan api

4. Kaus kaki, sepatu, dan sarung tangan tahan api

Setelah memakai baju balap dan helm, jangan lupa untuk memiliki aksesoris tambahan yang tidak kalah pentingnya, seperti kaus kaki, sepatu dan sarung tangan. Sama seperti yang lainnya, ketiga benda ini harus fire resistant atau tahan api. Kamu bisa memilih bahan nomex untuk kaus kaki dan sarung tangan. Sedangkan sepatu, pilihlah sepatu khusus balap mobil yang memiliki sol yang lentur. Hal tersebut dapat berpengaruh kepada feeling pembalap saat menginjak gas atau rem.

5. HANS (Head and Neck Support System)

Saat balapan, sudah pasti banyak guncangan yang akan kamu alami. Benda ini berfungsi sebagai penyangga kepala bila terjadi benturan atau terkena gaya gravitasi. HANS ini digunakan di pundak pembalap yang disabungkan ke helm.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills