real
        time web analytics

Dari Kami

Personal Trainer Harus Paham Ilmu Ini


TOPCAREER.ID - Selain membangun kepercayaan melalui bentuk badan yang ideal dan kekar, personal trainer membekali diri mereka dengan beragam pengetahuan seputar olahraga dan anatomi tubuh. Hal itu mereka pelajari sebelum memperoleh sertifikasi personal trainer.

Pengetahuan dasar anatomi tubuh paling tidak jadi bahan belajar yang patut dikuasai oleh personal trainer. Hal itu juga yang dikatakan oleh Manager Fitness Gold’s Gym Kalibata City, M. Agung Suryana saat ditemui TopCareer.id.

Anatomi dasar itu, kata Agung, meliputi pengetahuan seputar otot, nama-nama otot, nama-nama tulang. Personal trainer harus paham bagaimana cara tubuh manusia bekerja, termasuk sistem metabolisme secara dasar.

“Lalu paham pegerakan, mobility seperti apa, pergerakan ke depan, ke belakang, samping, circle. Setelah itu ya pengetahuan seputar latihan-latihan, misalnya latihan otot perut tuh apa aja, latihan otot dada apa aja, teknik dasar,” ucap lelaki yang sudah 10 tahun berprofesi sebagai personal trainer.

Pengetahuan itu merupakan dasar yang harus dikuasai personal trainer dalam mendukung tanggung jawab pekerjaan. Sementara, untuk meningkatkan kinerja di gym, personal trainer perlu mengambil sertifikasi seputar cara kerja setiap peralatan yang ada di tempat gym.

Sementara, terkait pengetahuan soal asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi, lagi-lagi personal trainer hanya menyarankan hal-hal mendasar saja. Selebihnya, kata Agung, ada di ranah para nutritionist (ahli gizi).

“Makanan ada spesialisnya, yakni nutritionist, ranahnya beda. Kalaupun pengetahuan ya dasarnya aja. Misal, kebutuhan kalori berapa, cara buang kalori seperti apa, makanan yang mengandung karbohidrat, protein, apa aja. Kalau nutritionist, misal kalori nasi itu berapa satu kepal,” papar Agung.

0 Comments

Lowongan Terbaru