real
        time web analytics

Dari Kami

Pertimbangan Sebelum Milih Jurusan Kuliah


TOPCAREER.ID – Sebelum memilih untuk fokus di satu program studi saat kuliah, ada baiknya memang mempertimbangkan beberapa hal terlebih dulu sampai matang. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebelum menentukan jurusan kuliah, seperti dilansir dari laman The Princeton Review.  

Persiapan karier

Pilih jurusan yang akan mempersiapkanmu untuk jalur karier tertentu atau studi lanjutan. Mungkin kamu sudah tahu bahwa kamu ingin menjadi perawat, ahli terapi fisik, atau web developer. 

Sebelum benar-benar menekuninya, coba ambil satu atau dua kelas dalam disiplin yang relevan, periksa silabus untuk seminar lanjutan, dan berbicara dengan siswa di jurusan pilihanmu. Pastikan kamu siap untuk kursus yang diperlukan untuk karier impian.

Potensi Penghasilan

Potensi penghasilan di masa depan patut dipertimbangkan — perguruan tinggi adalah investasi besar, dan meskipun perguruan tinggi dapat membayarmu dengan berbagai cara di luar gaji, ini bisa menjadi faktor utama bagi siswa yang membayar sendiri atau mengambil pinjaman. 

Menurut PayScale.com, jurusan yang mengarah ke gaji tertinggi mencakup hampir semua jenis teknik, matematika aktuaria, ilmu komputer, fisika, statistik, pemerintah, dan ekonomi. Ingatlah juga kualitas hidupmu — gaji enam angka itu mungkin tidak sepadan jika kamu tidak bahagia di kantor.

Subjek yang Anda cintai

Beberapa siswa memilih jurusan hanya karena mereka menyukai materi pelajaran. Jika kamu menyukai apa yang kamu pelajari, kemungkinan besar kamu akan terlibat sepenuhnya dengan kelas dan pengalaman kuliahmu, dan itu bisa berarti nilai yang lebih baik dan hubungan yang hebat dengan orang lain di bidangmu. 

Jika panggilan Anda adalah filsafat, jangan tuliskan itu hanya karena Anda tidak yakin tentang sekolah pascasarjana, atau apa yang dipegang pasar kerja bagi para filsuf. Banyak jurusan seni liberal memberikan siswa dengan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan menulis yang sangat dihargai oleh pengusaha.

Bimbang? Jelajahi minat Anda

Jika kamu benar-benar tidak tahu apa yang ingin dipelajari, tidak apa-apa — banyak sekolah tidak mengharuskan siswa untuk menyatakan jurusan sampai tahun kedua. Itu memberimu empat semester untuk bermain lapangan. 

Manfaatkan setiap kursus pendidikan umum yang dibutuhkan, pilihlah yang menarik minatmu . Tolong Bicaralah dengan para profesor, penasihat, kepala departemen, dan mahasiswa lainnya. Temukan magang di luar kampus. Menjelajahi minat akan membantu menemukan jurusan yang paling sesuai — dan mungkin bahkan karier idealmu.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills