real
        time web analytics

Dari Kami

Perusahaan Besar Lebih Suka Impor Talenta Digital


Ilustrasi

TOPCAREER.ID – Lantaran sektor e-commerce termasuk hal baru di Asia Tenggara, membuat perusahaan tech di wilayah ini kesulitan memperoleh talenta berkualitas. Itu salah satu alasan mengapa banyak perusahaan di Asia Tenggara lebih memilih untuk impor ekspatriat.

“Sangat jelas bahwa ada tantangan talent ketika perusahaan besar, seperti Central Group (Thailand), MAP (Indonesia) dan SSI Group (Filipina) sering harus ‘impor’ ekspatriat ke dalam manajemen atau bahkan posisi manajemen senior perusahaan mereka, karena sulitnya mendapatkan kandidat lokal.” – aCommerce, Thailand, dalam rilis EcommerceIQ.

Bidang digital marketing seperti e-commerce di Asia Tenggara baru marak sekitar 6 tahun terakhir ketika Lazada muncul. Karena termasuk hal yang baru, tidak ada permintaan pekerjaan terkait bidang digital atau online ini. Begitupun pendidikannya, seperti digital marketing menjadi hal yang tak terpikirkan sebelumnya.

“Lebih penting lagi, pasar e-commerce masih dalam tahap awal di Asia Tenggara, memilih talent dari pasar yang lebih matang rasanya menjadi pilihan yang bijak sekarang ini.”- aCommerce, penyedia layanan ecommerce dan e-distributor di Thailand.

Jadi, perusahaan lebih memilih mempekerjakan orang asing yang sudah ketahuan memiliki kemampuan yang berkualitas. Bahkan, di antaranya mengisi posisi senior di perusahaan, tapi rata-rata dalam kontrak pendek, kurang dari 5 tahun.

Sementara, kalau melihat Amerika Serikat, memang sudah bersahabat dengan dunia digital marketing pada 1990-an. E-commerce pertama di dunia lahir tepat pada tahun 1994, yakni Yahoo!. Dan kemudian Yahoo! menjadi tempat belanja online pertama bagi 16 juta pengguna internet yang ada di masa itu.

Amerika Serikat tentulah sudah jauh lebih dulu paham soal ini, mengingat perusahaan-perusahaan teknologi lahir dari Silicon Valley.

Perkembangan digital yang kian pesat di Asia Tenggara, namun dengan singkatnya waktu itu membuat pengembangan sumber daya yang ahli di pasar lokal tak terbentuk sempurna. Efeknya, mempersempit jumlah talenta berpengalaman di lapangan. 

0 Comments

Lowongan Terbaru