real
        time web analytics

Dari Kami

Peta E-Commerce di Tanah Air di Q1 2019


TOPCAREER.ID – Pertumbuhan e-commerce di Tanah Air kian kencang. Demi memahami lebih jauh terkait hal-hal yang mempengaruhi dinamika industri e-commerce Tanah Air dari waktu ke waktu, iPrice kembali mengolah himpunan data terbaru Q1 2019 di Map of E-commerce Indonesia. Berikut ini ringkasannya.

Rataan Kunjungan Web Lokal Tokopedia jadi yang terbesar di Indonesia

Tokopedia berada di peringkat pertama versi data jumlah pengunjung bulanan website terbanyak dengan rataan 137.200.900 kunjungan per bulan. Perusahaan itu konsisten menempati posisi teratas untuk jumlah rata-rata pengunjung bulanan terbanyak sejak periode Q2 2018. Pada periode itu, ada 111.484.100 kunjungan per bulannya yang berlabuh ke situs desktop Tokopedia.

Perusahaan e-commerce lokal lain yang juga mendapat jumlah kunjungan terbesar adalah Bukalapak. Rataan jumlah kunjungan website Bukalapak pada Q1 2019 ini mencapai angka 115.256.600 per bulannya. Seperti Tokopedia, Bukalapak juga berada di posisi teratas (tepatnya posisi 2 paling atas) sejak Q2 2018.

Tokopedia dan Bukalapak 5 Besar Kunjungan Web e-commerce Terbanyak

Kedua perusahaan lokal yang sama-sama berlabel unicorn itu ternyata juga menembus 5 besar kunjungan web e-commerce terbanyak di regional Asia Tenggara. Jumlah pengunjung web Tokopedia dan Bukalapak bergandeng dengan dua pemain regional (Shopee dan Lazada) serta satu pemain lokal lain asal Vietnam (Tiki) sepanjang Q4 2018 hingga Q1 2019 ini.

Dua E-commerce Lokal Indonesia Berhasil Masuk 3 Besar Perusahaan dengan Pengguna Aktif Bulanan Terbanyak di Aplikasi Mobile

Tidak hanya di versi kunjungan website, Tokopedia dan Bukalapak nyatanya juga membukukan persentase yang tinggi di kalangan pengguna aktif bulanan terbanyak aplikasi mobile. Tokopedia menempati posisi pertama sebagai aplikasi dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di platform ponsel android dan iPhone.

Sedangkan Bukalapak berada di peringkat ketiga sebagai aplikasi dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di platform ponsel android dan iPhone. Selain Tokopedia dan Bukalapak, aplikasi e-commerce yang punya persentase pengguna aktif bulanan tertinggi yakni Shopee (di posisi 2) dan Lazada (di posisi 4).

Shopee Punya Margin Peningkatan Kunjungan Web Terbesar di antara Semua Pemain E-commerce Umum

Jumlah kunjungan web Shopee di Indonesia meningkat hingga +117% bila dibandingkan jumlah kunjungan pada Q1 2018. Perusahaan asal Singapura ini mencatatkan rataan 74.995.300 kunjungan bulanan di webnya sepanjang Q1 2019. Pada Q1 2018, Shopee baru mampu mendatangkan sekitar 34.510.800 pengunjung ke situs versi Indonesia.

Peningkatan rataan pengunjung web itu juga mengatrol posisi Shopee dari tahun ke tahun, yakni dari posisi 8 di Q1 2017 menjadi posisi 3 di Map of E-commerce Q1 2019.

Investor Asal China Masih Menjadi Penyokong Utama Perusahaan E-commerce

Dalam data persentase pengguna aktif bulanan terbanyak di aplikasi mobile, lima perusahaan e-commerce sokongan investor China ada di posisi 10 besar, yakni Tokopedia (Alibaba), Shopee (Tencent), Lazada (Alibaba), JD ID (JD), AliExpress (Alibaba). Selain investor dari China, pemilik modal asal Amerika (Amazon dan Zilingo), Jerman (Zalora), Korea (Bukalapak), dan Indonesia (Blibli).

Sudah Ada 20 Pemain yang Keluar dari Kompetisi E-commerce Indonesia Sejak Q1 2017

Tidak semua perusahaan mendapatkan hasil yang memuaskan dari industri e-commerce. Sejak Q1 2017 hingga Q1 2019, ada 20 pemain yang keluar dari Map of E-commerce Indonesia karena beragam alasan.

Kebanyakan merupakan perusahaan e-commerce kecil seperti What We Like, Tororo, Frozen Shop, Livaza, Brandoutlet, UKM Market, Kinerja Mall, Onmol, KuKa, shoppe33, Seroya Mart, Mall Jualan, Paradise Store, Lojai, Toko1001, Benlieschoice, Tokologi, Ngshope, Shoes Vaganza, Caristyle. Tapi belakangan ada pula pemain besar seperti Matahari Mall yang dilebur ke perusahaan induk.

Selalu Terjadi Penambahan Pemain di Pasar E-commerce Khusus Elektronik

Pasar elektronik dianggap potensial. Bila pada Q1 2017 hanya ada 2 pemain yakni Bhinneka dan Electronic Solution, pada Q1 2018 ada Electronic City dan Pemmz yang menjadi pemain baru khusus elektronik.

Pada Q1 2019 ini jumlah keseluruhan pemain di pasar e-commerce bertambah menjadi 8 pemain, yakni Bhinneka, Laku6, Jakarta Notebook, PlazaKamera, Pasarwarga, Pemmz, Electronic City, dan Electronic Solution. Dan pada Q1 2019 ini Bhinneka mencatatkan rataan kunjungan web bulanan terbanyak di e-commerce khusus elektronik, yaitu 3.446.500 kunjungan per bulan.

Amazon dan AliExpress Punya Basis Pengguna Aktif Aplikasi yang Besar di Indonesia

Pengguna aktif bulanan aplikasi mobile e-commerce nyatanya juga memberi perhatian pada perusahaan dari luar Asia Tenggara seperti Amazon dan AliExpress. Keduanya mampu menembus persaingan 10 besar persentase pengguna aktif bulanan terbanyak di aplikasi mobile.

Aplikasi Mobile dari E-commerce Luar Lebih Digemari Pengguna Internet Mobile

Hanya ada 3 perusahaan lokal dalam posisi 10 besar dalam data jumlah pengunjung aktif aplikasi mobile, yakni Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Selebihnya, persentase menunjukkan bahwa pengguna internet mobile lebih memilih aplikasi dari e-commerce asing sebagai platform aktivitas jual beli di ponsel mereka.

E-commerce asing itu yakni Shopee, Lazada, JD ID, Zalora, AliExpress, Zilingo Shopping, dan Amazon. Pengguna internet desktop punya preferensi yang lebih berimbang dalam mengakses halaman web e-commerce. Dari 10 posisi teratas, lima e-commerce merupakan perusahaan asing dan sisanya merupakan perusahaan lokal.

Perusahaan E-commerce yang Menyasar Pasar Produk Serba Ada seperti Mapemall, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada Menyerap Tenaga Kerja Terbanyak di Q1 2019

Total tenaga kerja yang telah diserap lima perusahaan e-commerce serba ada itu mencapai angka 13.221 orang. Pada Q1 2018, kelima perusahaan yang sama menggunakan total 7.845 tenaga kerja untuk memutar bisnis mereka. Tapi selang setahu, perusahaan-perusahaan itu meningkatkan kuantitas total tenaga kerja mereka hingga +168%.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait