real
        time web analytics

Dari Kami

Pilih Beasiswa Luar Negeri Favoritmu


TOPCAREER.ID – Siapa yang memiliki keinginan berkuliah di luar negeri? Mungkin, biaya menjadi salah satu pertimbangan yang juga dianggap kendala untuk berkuliah di luar negeri. Tapi ingat, di mana ada keinginan di situ ada jalan. 

Jalan lain untuk meminimalisasi biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di luar negeri adalah dengan memperoleh beasiswa. Nah, berikut beberapa beasiswa yang sering diadakan bagi warga Indonesia yang ingin studi ke luar negeri. 

1. Ajinomoto Post-Graduate Scholarship

Program beasiswa dari perusahaan Ajinomoto ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang S2. Beasiswa ini memiliki kerja sama di beberapa unversitas ternama di Jepang, misalnya Tokyo University, Kyoto University, Nagoya University, dll. Beasiswa ini hanya diperuntukkan bidang sains.

2. Beasiswa Undergraduate GAKUBU

Untuk yang berangan-angan kuliah di Jepang, beasiswa Undergraduate GAKUBU mungkin jadi salah satu yang diminati. Program beasiswa ini ditawarkan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang.

Beasiswa ini mencakup tunjangan hidup, biaya kuliah yang ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah setempat. Pendaftarannya dimulai pada bulan April hingga Mei tiap tahun. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung cek di www.id.emb-japan.go.jp

3. KAIST Scholarship, Korea Selatan

Masuk dalam 100 top universitas di dunia, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) rutin memberikan beasiswa S1 untuk mahasiswa internasional termasuk Indonesia. Beasiswa ini tersedia bagi kamu yang ingin ambil bidang studi Sains, Teknik dan Teknologi.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah juga mendapat tunjangan sebesar 350.000 KRE atau sekitar Rp4,5 juta serta asuransi kesehatan nasional. Kamu bisa cek info lengkapnya di kaist.ac.kr

4. Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Beasiswa ini berasal dari Pemerintah Korea Selatan untuk mahasiswa internasional, salah satunya dari Indonesia. Jenjang pendidikan yang tersedia, ada S1 dan S2. 

Sementara, biaya yang ditanggung meliputi biaya studi selama masa kuliah, uang saku sebesar 800 ribu won atau setara Rp9 juta. Ada pula uang tunjangan kedatangan 200 ribu won, uang tunjangan saat pulang 100 ribu won, biaya penuh kursus bahsa Korea, tiket pesawat PP, asuransi kesehatan, serta tunjangan prestasi.

5. Beasiswa Chevening, Inggris

Sama halnya seperti Fullbright, beasiswa Chevening juga full funding alias dibiayai penuh. Namun, kuota beasiswa ini tidak terlalu banyak, persaingan ketat. Untuk Indonesia sendiri, beasiswa Chevening hanya akan memilih 30-50 penerima beasiswa per tahunnya. 

6. Beasiswa DAAD

German Academic Exchange Service (DAAD) menawarkan beasiswa untuk lulusan, ilmuwan, dan Lembaga Pendidikan Tinggi di berbagai bidang studi dan penelitian. Beasiswa DAAD yang diberikan ke negara-negara kawasan Asia, Afrika, Eropa Timur, dan Amerika Latin. Beasiswa DAAD meliputi biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan tunjangan lainnya.

7. Dr. Goh Keng Swee Scholarship

Program beasiswa yang datang dari Singapura ini membuka peluang bagi mahasiswa di Asia Pasifik untuk berkuliah di Singapura. Beberapa kampus ternama di sana telah ikut serta dalam program ini antara lain National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD). 

Selain mendapatkan pembebasan biaya kuliah, beasiswa ini juga memberikan tiket pulang pergi Singapura-Indonesia dan tunjangan sebesar 6.500 dolar Singapura tiap tahunnya. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills