real
        time web analytics

Dari Kami

Pilih Tripod untuk Fotografi Wedding


TOPCAREER.ID – Kalau untuk fotografer wedding, seberapa penting sih keperluan tripod di momen-momen tersebut? Apalagi kebanyakan fotografer lebih memilih bergerak ke sana-sini selama acara pernikahan berlangsung, kecuali mungkin saat harus mengabil foto keluarga. 

Hillary K. Grigonis fotografer lifestyle yang juga sering memotret acara pernikahan ini menyampaikan bahwa ada waktu-waktu di hari pernikahan yang akan lebih membantu ketika menggunakan tripod daripada harus dihadapkan oleh berbagai halangan jika tanpa tripod. 

“Untuk pemotretan makro, tripod dapat membantu mengambil gambar yang lebih tajam sementara juga memungkinkan teknik seperti focus stacking. Teknik seperti panning untuk mengaburkan latar belakang saat mengikuti pengantin di lantai dansa juga akan lebih baik dengan tripod,” kata Hillary dalam Expert Photography.

Ia menambahkan, tripod bisa digunakan lebih dari sekadar menstabilkan kamera. Sementara, tujuan favoritnya menggunakan tripod saat pernikahan adalah sebagai lampu berdiri untuk flash off-kamera.

Menambahkan flash bracket di bagian atas bisa mengubah tripod menjadi aksesori dengan kegunaan ganda. Tripod tidak selalu setinggi lampu berdiri, tetapi bisa lebih portabel dan fleksibel.

Menurut Hillary, tripod terbaik untuk fotografi pernikahan adalah campuran tripod perjalanan dan tripod profesional. Ia membeberkan karakteristik tripod yang paling penting saat memotret acara pernikahan.

Kapasitas

Pertama, tripod harus mampu menangani peralatan apapun yang diletakkan di atasnya. Lensa serta kamera untuk fotografi pernikahan mungkin jadi peralatan yang lebih berat. 

Fotografer pernikahan dengan kamera full frame beserta pegangan baterai dan lensa zoom yang terang, akan membutuhkan tripod dengan kapasitas yang lebih tinggi, daripada fotografer yang menggunakan mirrorless atau sensor crop.

“Coba tambahkan berat bodi kamera, kemudian lensa terbesar, dan flash, lalu pastikan jumlah berat seluruhnya kurang dari kapasitas maksimum tripod,” ujar Hillary.

Pengaturan Cepat

Pemotretan pernikahan itu berjalan serba cepat. Tidak ada banyak waktu untuk bermain-main dengan perlengkapanmu saat harus memotret. Ketika mempertimbangkan tripod untuk fotografi pernikahan, kecepatan pengaturan tripod itu adalah faktor besar.

Pelat yang mudah dilepas adalah suatu keharusan. Mengambil ekstra sangat membantu ketika menggunakan tripod, baik sebagai kamera dan lampu berdiri. Faktor set-up kaki tripod juga berpengaruh. Lebih banyak bagian kaki akan membutuhkan waktu lebih lama dalam persiapan.

Berat

Fotografer pernikahan membawa banyak peralatan. Pilih tripod yang lebih ringan dan lebih mudah dibawa-bawa selama hari pernikahan.  Bahan seperti serat karbon dapat membuat tripod lebih ringan untuk dibawa kemana-mana, tetapi perhatikan berat keseluruhan spesifikasi saat membandingkan model tripod.

Fleksibilitas

Tripod yang ringan berarti lebih sedikit peralatan untuk dibawa - tetapi juga fleksibel. Carilah tripod yang bisa mengambil semua shoot yang mungkin diperlukan.

Berarti tripod itu harus bisa memotret fleksibel bergerak ke bawah untuk pengambilan gambar makro, kemudian memanjang setingkat mata untuk beberapa pengambilan teknik panning yang kreatif di sekitar lantai dansa. Beberapa tripod juga akan berfungsi ganda sebagai monopod.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru