real
        time web analytics

Dari Kami

Pilihan Karier di Bidang Psikologi


TOPCAREER.ID – Tertarik dengan ilmu psikologi. Namun sudah tahu belum pilihan karier di bidang psikologi ada apa saja? Berikut beberapa profesi yang bisa digeluti lulusan psikologi yang disarikan dari Careersinpsychology.org.

Psikolog

Seorang doktor di bidang psikologi yang telah punya lisensi berhak menyandang gelar psikolog untuk menangani pasien dan memberi nasihat. Psikolog membantu orang mengatasi masalah yang berhubungan dengan kejiwaan seseorang dengan melakukan wawancara klinis, menawarkan bimbingan hingga merekomendasikan terapi. Psikolog juga bertanggungjawab untuk menjaga kerahasiaan cerita, melacak kemajuan pasien, dan menulis laporan.

Psikolog bisa menangani masalah orang dari berbagai lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua, pekerja biasa hingga atlet dan tentara. Semua tergantung dari spesifikasi yang dikuasai seorang psikolog. Bahkan, psikolog bisa menjadi ahli syaraf dengan memelajari kerja otak dan hubungan dengan perilaku manusia.

Konselor

Konselor membantu mengatasi masalah seseorang dalam situasi sulit dengan cara mendengarkan cerita. Mereka akan menyediakan ruang yang aman, menjaga kerahasiaan, mendorong orang lain untuk merenungkan keadaan emosionalnya. Alih-alih menawarkan bimbingan, konselor membantu orang-orang dengan menawarkan cara yang terstruktur dan terfokus menangani masalah. Jadi, keputusan akhir berada di tangan orang yang punya masalah emosional.

Jika ingin meniti karier sebagai konselor, maka Anda bisa memilih beberapa bidang yang spesifik. Anda bisa membantu orang lain dalam mengambil keputusan terkait pekerjaan dengan menjadi konselor karier. Anda dapat bekerja dengan anak-anak jika menjadi konselor anak atau konselor sekolah. Anda juga boleh memberi nasihat pada keluarga, pasangan suami istri dan orang tua dengan menjadi konselor keluarga dan konselor geriatrik.

Pekerja Sosial

Pada dasarnya, praktek ilmu psikologi bertujuan untuk membantu orang lain. Jadi, jika memiliki jiwa sosial tinggi, Anda bisa memilih berkarier sebagai pekerja sosial di bidang psikologi tanpa mengharap bayaran tinggi. Psikolog yang memilih menjadi pekerja sosial bisa menangani masalah anak, keluarga, penyandang disabilitas, korban kekerasan, pengguna obat-obatan terlarang hingga narapidana dalam masa percobaan.

Terapis

Bicara soal terapi, berarti kita sudah masuk ke dalam tahap penanganan masalah keiwaan. Psikolog yang ahli terapi tidak menggunakan obat-obatan untuk menyembuhkan pasien. Namun, mereka memakai metode perlakuan seperti hipnoterapi, terapi perilaku dan terapi psikodinamik.

Psikolog yang ahli terapis bisa melakukan wawancara klinis sendiri sebelum memberi perlakuan pada pasien. Namun, mereka juga dapat menerima pasien rujukan dari psikolog lain. Ahli terapis bisa menggunakan berbagai media untuk menangani pasien. Ada yang meggunakan musik, kegiatan olahraga, kegiatan berdansa dan membuat karya seni.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills