real
        time web analytics

Dari Kami

Pindah Jalur Karier dari Chef Pastry ke Main Kitchen, Bisa?


TOPCAREER.ID – Kalau sudah ambil jalur chef bidang pastry/bakery, biasanya untuk karier selanjutnya akan berada di jalur tersebut hingga mencapai level tertinggi, yakni Pastry Chef. Tapi bisa enggak sih kalau awal berkarier jadi chef pastry atau bakery kemudian pindah jalur ke main kitchen? Bisa kok…

Technical Chef di PT Mulia Boga Raya, Muhammad Septian Hidayat memulai kariernya sebagai chef pastry/bakery. Namun, ia sempat mencicipi bekerja di dapur penyedia main course dan appetizer, alias main kitchen. Kala itu ia memegang makanan western dan Indonesia. 

Menurutnya, bisa saja yang semula chef pastry kemudian pindah section ke main kitchen, asal mampu meyakinkan executive chef dengan kinerja dan kemampuan yang terbukti. 

“Biasanya kalau di jalur A ya jalur A terus. Cuma kalau mau pindah section ya tergantung nego sama si executive chef-nya. Karena sebenarnya feeling (masak di dessert dan main kitchen) akan beda. Tapi enggak menutup kemungkinan pindah section,” kata Septian kepada TopCareer.id.

Untuk pindah jalur itu tentu perlu penyesuaian, belajar kembali dari awal agar bisa menyesuaikan ritme yang berbeda. Septian menyampaikan, biasanya untuk pindah section itu ada yang namanya cross training. 

Cross training ini memang enggak hanya ada di industri makanan saja, tapi kerap ditemui di bidang lain. Cross training adalah belajar bagaimana melakukan lebih dari satu pekerjaan secara spesifik untuk menjadi profesional seutuhnya. 

Cross training memungkinkan karyawan untuk belajar bagaimana melaksanakan tugas-tugas tertentu dengan bekerja bersama karyawan lain dalam jangka waktu tertentu. Begitupun dengan chef. Chef pastry yang ingin pindah section akan belajar lebih dalam di main kitchen

“Biasanya ada cross training, jadi itu setelah kami kerja misal di pastry, setelah pulang jam kerja di pastry kami kerja lagi di main kitchen untuk training. Kan mau pindah (jalur) berarti kan harus belajar lagi,” ujar Septian. 

Terkait berapa lama waktu belajar cross training ini, Septian berujar bahwa tiap chef itu punya kemampuan dan tingkat kecepatan belajar yang berbeda sehingga tak tentu berapa lama waktunya. “Semakin cepat bisa, semakin kerjanya bagus, maka semakin cepat dipromosi.”

Sementara, kalau masih satu jalur di bidang pastry/bakery, naik level itu diperkirakan paling cepat dalam kurun waktu satu atau dua tahun. Kembali lagi, lanjut Septian, tergantung pada kinerja chef tersebut. “Ada yang 10 tahun enggak dipromosi, ya ada,” pungkasnya. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru