real
        time web analytics

Dari Kami

Posisi Duduk yang Benar Saat Main Piano


TOPCAREER.ID – Minat belajar piano akustik dari dulu animonya seakan tak pernah surut. Ditambah instrumen ini kerap digunakan dalam pertunjukan musik berkelas dunia. Nah, kalau mau belajar piano, setidaknya bisa dimulai dari posisi serta postur tubuh yang benar seperti apa.

Agar bunyi yang dihasilkan dari bermain piano bisa maksimal, postur serta posisi duduk yang benar menjadi salah satu penunjangnya. Amalia Tampubolon, guru piano di PMC Music School membeberkan postur tubuh dan posisi duduk yang benar saat bermain piano.

Posisi Duduk Tegak

Menurut Amalia, postur tubuh saat bermain piano haruslah duduk tegak, mulai dari punggung, sampai bahu. Posisi badan yang tegak akan menunjang kekuatan tangan dan jari-jari dalam mengontrol penekanan tuts-tuts piano.

“Kalau duduk tidak tegak, maka tangannya juga tidak siku antara pundak ke siku, terus ke ujung tangan minimal 90 derajat,” kata Amalia kepada TopCareer.id.

Jari-Jari Tangan Melengkung

Jika bermain piano, agar suara yang dihasilkan bisa sesuai keinginan, maka jari-jari tangan tidak tegang, luwes, melengkung saat menekan tuts, bukan lurus tegak. Tujuannya, kata Amalia, agar bisa menekan tuts lebih keras.

Menurut Amalia, kalau menekan dengan jari-jari yang lurus, maka untuk lagu yang temponya cepat itu akan terbatas. Karena piano tidak memakai listrik, maka lembut dan kerasnya alunan suara sangat bergantung pada penekanan jari-jari tangan.

“Nah, jari-jari tangan itu harus melengkung. Kemudian antara pundak siku, jari-jari itu enggak boleh melekat ke piano, enggak boleh nempel. Jadi bentuk jari itu seperti kita pegang bola atau buah jeruk, itu melengkung kan,” tambah Amalia.

Posisi Kaki

Kalau untuk orang dewasa, posisi kaki ya akan seperti biasa layaknya orang duduk, menapak ke bawah. Namun, untuk anak kecil biasanya disarankan menyilang. “Anak kecil kalau kakinya bebas dibiarkan itu akan goyang-goyang. Berbeda dengan orang dewasa.”

Pandangan Lurus ke Arah Partitur

Kalau posisi tubuh sudah tegak, maka pandangan bisa dengan mudah lurus menghadap partiturnya. Jika pandangan lurus menyasar partitur pun, maka nantinya memudahkanmu selama proses belajar bermain piano.

Gunakan 50 Persen Porsi Kursi

Menurut Amalia, disarankan agar saat duduk di kursi tidak 100 persen porsi kursi dihabiskan. Paling tidak 50 persen porsi kursi untuk duduk agar menciptakan posisi tubuh yang tegak.

“Kalau dihabiskan juga pasti tidak bisa tegak, tangannya enggak bisa lurus. Enggak boleh nyender, namanya kursi piano itu tidak ada senderan.”

0 Comments

Lowongan Terbaru