real
        time web analytics

Dari Kami

Postur Tubuh yang Salah Ketika Bekerja di Depan Komputer


TOPCAREER.ID – Sudah jadi postur yang sangat umum ketika kita duduk di depan komputer, lalu menjulurkan kepala ke depan untuk melihat lebih dekat ke layar. Mungkin posisi ini tampak biasa dan tidak berbahaya, padahal posisi ini bisa menyebabkan berbagai hal mengerikan. 

Posisi yang tampaknya tidak berbahaya ini bisa menekan leher dan dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, konsentrasi buruk, peningkatan ketegangan otot dan bahkan cedera pada tulang belakang seiring waktu. Bahkan dapat membatasi kemampuan untuk memutar kepala.

“Ketika posturmu tinggi dan tegak, otot-otot punggung dapat dengan mudah menopang berat kepala dan lehermu - sebanyak 12 pound," jelas Profesor Universitas Negeri San Francisco Erik Peper dari Holistic Health. 

“Tetapi ketika kepalamu menjorok ke depan pada sudut 45 derajat, leher akan bertindak seperti titik tumpu, seperti tuas panjang mengangkat benda berat. Sekarang berat otot kepala dan leher setara dengan sekitar 45 pound. Tidak mengherankan orang akan mendapati leher yang kaku, bahu, dan punggung sakit.”

Peper, Associate Professor Pendidikan Kesehatan Richard Harvey dan rekan-rekan mereka, termasuk dua peneliti mahasiswa, menguji efek dari posisi kepala dan leher dalam sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Biofeedback. 

Pertama-tama mereka meminta 87 siswa untuk duduk tegak dengan kepala bersandar dengan posisi leher yang benar dan meminta mereka untuk menoleh. Kemudian para siswa diminta untuk "mengerutkan" leher mereka dan menjulurkan kepala ke depan komputer. 

Sebanyak 92 persen melaporkan mampu memalingkan kepala mereka lebih jauh ketika tidak mengerut. Pada tes kedua, 125 siswa mengerutkan leher mereka selama 30 detik. Setelah itu, 98 persen melaporkan beberapa tingkat rasa sakit di kepala, leher, atau mata mereka.

Para peneliti juga memantau 12 siswa dengan peralatan elektromiografi dan menemukan bahwa ketegangan otot trapezius meningkat pada posisi kepala ke depan yang mengerok.

Jadi, jika kamu menderita sakit kepala atau leher dan sakit punggung akibat bekerja di depan komputer, periksa postur tubuh dan pastikan kepalamu sejajar di atas leher, seolah-olah dipegang oleh benang yang tidak terlihat dari langit-langit. 

Solusi lain yang ia tawarkan termasuk meningkatkan font di layar komputer, mengenakan kacamata baca komputer atau menempatkan komputer pada dudukan setinggi mata, semua untuk membuat layar lebih mudah dibaca tanpa ketegangan.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait