real
        time web analytics

Dari Kami

Pretest Sekolah Pramugari


TOPCAREER.ID - Ada empat persyaratan standar yang harus dimiliki pramugari, yakni performance, kemampuan komunikasi, penguasaan bahasa Inggris, dan attitude. Nah, untuk men-screening empat aspek itu dalam memudahkan tahap belajar, Metschool (sekolah pramugari) melakukan pretest bagi siswa yang ingin belajar.

Melalui pretest juga setidaknya memperbesar kemungkinan keberhasilan sekolah dalam meloloskan alumnusnya nanti ke berbagai maskapai penerbangan. Menurut Founder Metschool, Yosh R Lukman, ada beberapa test yang harus dilalui calon siswa pramugari ini.

“Tes masuk kami ada psikotes, English tertulis, ada pengetahuan umum, terus ada interview. Interview itu terkait dengan menggali potensi. Yang tertama adalah apakah calon siswa itu punya passion enggak untuk ke industri ini, industri yang sifatnya service industri. Kalau passion-nya bukan untuk melayani, itu kami juga cukup berat,” terang Yosh.

Ia menambahkan, dalam sesi interview juga dilakukan dalam bahasa Inggris. Lagi-lagi untuk mengetahui kemampuan siswa lebih dalam soal bahasa asing. Dan pada test interview ini, selain dari menggali potensi, juga untuk menggali motivasi untuk menghindari adanya kasus berhenti di tengah masa belajar.

“Kadang di awal masih ada yang seperti itu, tapi karena kami lakukan interview seperti itu terus juga kami gali semua background-nya, mulai dari backgound pendidikan sampai keluarga, sehingga profiling-nya bisa terlihat secara utuh,” ucap dia.  

Yosh melanjutkan, jika calon siswa tak bisa melalui satu tahapan dari test tersebut, maka dinyatakan gagal dan tidak diterima masuk Metschool. Rata-rata calon siswa yang mendaftar ke Metschool berada di range umum 17-19 tahun, dengan tingkat pendidikan lulus Sekolah Menengah Atas.

“Sampai sejauh ini pendaftar Metschool dan melakukan pretest, yang lulus itu paling sekitar 50-60 persen. Jadi, tidak setiap pendaftar kami terima. Memang kami lakukan seleksi awal ini, kembali ke goal setting, yaitu memenuhi apa yang menjadi mandatory requirment-nya airlines. Paling enggak kami udah lakukan seleksi di awal.”

Sementara, terkait harga yang dipatok Metschool untuk setiap siswa selama masa belajar enam bulan itu, berada di angka Rp29 juta termasuk biaya seluruh kegiatan, kecuali akomodasi internal saat flight observation. Yosh menilai angka itu berada di tengah untuk sebuah lembaga pendidikan pramugari, tidak terlalu murah, tapi tidak juga terlampau mahal.

“Dari biaya pendidikan, praktikum, termasuk juga fasilitas dan perlengkapan. Seperti seragam, detailing seragam itu kan ada sepatu, setelan pakaian, wing-nya, tasnya, name platscrarfstocking, modul, termasuk baju renang juga.” 

0 Comments

Lowongan Terbaru