real
        time web analytics

Dari Kami

Profesi Akuntansi, Wajib Tahu


TOPCAREER.ID - Salah satu jurusan yang tersebar dibanyak kampus adalah akuntansi. Profesi dari lulusan jurusan akuntansi sendiri dinilai banyak memiliki peluang untuk bekerja di sebuah perusahaan bonafit. Namun, siapa sangka kalau macam-macam profesi akuntansi sendiri begitu beragam.

Profesi akuntansi sendiri adalah pekerjaan yang menggunakan keahlian di bidang akuntansi. Termasuk bidang pekerjaan akuntansi publik, intern, keuangan/dagang, akuntansi pemerintah & akuntansi pendidikan.

Seseorang yang bekerja di bidang akuntansi dan memiliki keahlian di bidang akuntansi maka disebut sebagai akuntan. Dari seorang akuntan terdapat keahlian yang dimiliki antara lain: Teori akuntansi, Akuntansi biaya, Pengauditan, Sistem akuntansi, Perpajakan, Sistem informasi manajemen, Akuntansi keuangan, dan Ekonomi perusahaan

Akuntan Publik

Macam-macam profesi akuntansi yang pertama adalah akuntan publik. Profesi yang berhubungan dengan akuntansi publik dikenal dengan istilah akuntan publik. Bidang pekerjaan yang utama bagi akuntan publik adalah pemeriksaan laporan keuangan yang telah dibuat (auditing).

Pemeriksaan laporan keuangan ini dilakukan secara independen untuk menilai kewajaran laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan yang disusun oleh pihak manajemen perusahaan bagi para investor, kreditur, dan pihak eksternal lainnya.

Hasil pemeriksaan akuntan publik ini dituliskan dalam sebuah laporan yang disebut laporan hasil pemeriksaan akuntan. Ada lagi hal yang dikerjakan oleh akuntan publik, yaitu akuntansi perpajakan yang banyak dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan menekan tarif pajak seminimum mungkin.

Akuntan publik juga menangani akuntansi manajemen dengan memberikan pertimbangan dan saran kepada manajemen untuk memperbaiki hasil operasi perusahaan yang memakai jasanya.

Jasa-jasa seorang akuntan publik yang bisa diberikan pada masyarakat di antaranya ialah sebagai berikut:  Jasa perpajakan, Jasa penyusuanan sistem akuntansi, Jasa pemeriksaan kewajaran laporan keuangan, Jasa konsultasi manajemen perusahaan, dan jasa penyusunan laporan keuangan dalam rangka pengajuan kredit.

Akuntan Intern

Macam-macam profesi akuntansi yang kedua adalah akuntan internal. Akuntan internal perusahaan dikenal juga dengan istilah akuntansi umum yang memiliki tanggung jawab dalam pencatatan transaksi keuangan, penyusunan laporan manajemen, dan penyusunan laporan keuangan umum yang terdiri dari neraca, rugi-laba, perubahan modal, aliran kas.

Akuntansi umum berhubungan dengan konsep dasar akuntansi yang menghasilkan data yang dasar (basic data) bagi ruang lingkup akuntansi. Akuntansi biaya menganalisis biaya perusahaan untuk membantu manajemen dalam pengawasan biaya terutama penekanan biaya pemasaran.

Penganggaran dilakukan oleh perusahaan untuk menetapkan sasaran penjualan dan laba serta merencanakan pencapaian sasaran itu secara rinci. Kegiatan ini selalu memerhatikan data masa lalu dalam laporan keuangan, karena anggaran dipakai untuk mengawasi kegiatan operasional perusahaan melalui perbandingan fakta dengan anggaran.

Perancangan fungsi sistem informasi akuntansi mengidentifikasikan kebutuhan informasi bagi pihak internal maupun eksternal. Pemeriksaan internal juga dilakukan oleh akuntan internal perusahaan yang bertugas mengevaluasi sistem akuntansi dan manajemen.

Tugas pokok akuntan internal antara lain membantu pihak manajemen sesuai manfaat akuntansi manajemen untuk memperbaiki tingkat efesiensi operasi. Selain itu menjamin seluruh stakeholders telah melaksanakan prosedur dan rencana yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen yang sesuai tujuan laporan keuangan.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait