real
        time web analytics

Dari Kami

Rahasia Personal Trainer Jaga Bentuk Badan


TOPCAREER.ID – Bentuk badan proporsional, ditambah bentuk otot yang kekar sudah jadi gambaran tersendiri bagi seorang personal trainer. Kalau sudah jadi personal trainer, biar tetap jadi panutan para member gym tentu harus maintain bentuk badan.

Menurut Fitness Manager Gold’s Gym Kalibata City, M. Agung Suryana, setidaknya ada tiga faktor yang harus dipenuhi dalam menjaga bentuk tubuh bagi seorang personal trainer. Ketiga faktor tersebut, yakni olahraga, makanan, dan istirahat.

Olahraga

Sebenarnya, tidak hanya personal trainer saja yang membutuhkan asupan kegiatan fisik setiap harinya, tetapi juga semua orang demi menjaga kebugaran. Namun, bagi personal trainer melakukan aktivitas fisik seolah jadi wajib selama 30 menit.

“Olahraganya minimal sih setiap hari ada aktivitas fisik, 30 menit aja dalam bentuk apapun. Enggak harus angkat besi, yang penting ada aktivitas fisik,” kata lelaki yang akrab disapa Agung ini kepada TopCareer.id.

Kalau memang memungkinkan, lanjut dia, latihan angkat berat minimal 2 kali dalam satu minggu dengan durasi maksimal 1 setengah jam. Yang paling penting, intensitas latihannya seperti apa.

Makan

Agung menyampaikan, kontrol makanan menjadi hal penting bagi personal trainer dalam menjaga bentuk tubuh. Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi gizi yang seimbang, antara kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serta mineralnya.

Untuk porsi di setiap kandungan makanan itu, jelas Agung, karbohidrat 40 persen, protein sebesar 30 persen, lemak 20 persen, sementara mineral seperti sayuran 10 persen. Konsumsi makanan pun tetap tiga kali dalam sehari.

“Sarapan pukul 09.00, lalu makan siang antara pukul 12.00 sampai pukul 14.00. Makan malamnya sebelum pukul 19.00, kadarnya sama. Cuma kalau malam itu kadar karbohidratnya dikurangi jadi 20 persen karena enggak ada aktivitas lagi yang membutuhkan energi,” ujar Agung.

Istirahat Cukup

Untuk melengkapi faktor makanan dan olahraga, perlu diimbangi dengan istirahat yang cukup. Minimal istirahat cukup 6-8 jam sehari. Dan dianjurkan untuk tidur sebelum jam 12 malam, agar tubuh bisa melalui proses recovery yang tepat.

“Istirahat pun jangan tidur jam 2 pagi kemudian dihitung 8 jam setelah itu, ya kualitas tidurnya enggak bagus juga. Tidur di bawah jam 12 malam itu waktunya untuk recovery, paling telat-telat tuh jam 11 malam.”

0 Comments

Lowongan Terbaru