real
        time web analytics

Dari Kami

Riset Bilang 30% Anak Tengah Jadi CEO


TOPCAREER.ID - Sejumlah penelitian membuktikan jika urutan kelahiran bisa mempengaruhi sikap dan kepribadian. Termasuk dalam bekerja dan meraih pencapaian karier. Menurut sejumlah riset, anak pertama biasanya paling sukses dalam pekerjaan. Lantas bagaimana urutan berikutnya.  

Menyambut National Siblings Day di Amerika dan merayakan kesuksesan film Frozen pada 10 April lalu, Disney melakukan riset mengenai persaudaraan. Tim peneliti mengumpulkan data kesuksesan 500 orang dari 11 karier yang berbeda. Ini dilakukan untuk mengetahui anak yang lahir ke berapa yang menemukan kesuksesan dalam perjalanan kariernya.

Peneliti lalu menganalisa proporsi setiap grup urutan kelahiran, membandingkannya dengan ekspektasi keluarga berdasarkan data dari Office for National Statistik. Hasilnya, mereka pun memang menemukan perbedaan yang memang cukup signifikan dan mengejutkan. 

Kontras dengan anggapan bahwa anak pertama adalah yang paling sukses, ternyata banyak juga anak tengah yang menjadi CEO. 30% dari responden yang menjadi anak tengah ternyata berhasil jadi bos. Mereka tampaknya juga berbakat dalam bidang menulis karena 60% anak tengah berprofesi sebagai penulis.

Bagaimana dengan anak sulung yang dikenal selalu lebih sukses dan sering jadi presiden? Ternyata sekitar 25% anak tertua yang diteliti sukses menjadi rockstar atau selebriti terkenal dn dikagumi banyak fan. Sedangkan 32% lain berprofesi sebagai bintang realiti televisi. Selain itu, ada 29% lainnya yang jadi astronot. 

Sementara anak terakhir yang dikenal manja juga tidak buruk dalam kariernya. Berdasarkan hasil penelitian, setengah dari responden yang merupakan anak bungsu bekerja sebagai komposer musik. Selain itu, 12% anak paling kecil juga banyak yang jadi eksplorer dibanding anak tengah atau anak tertua. 

Anak tunggal yang tidak punya saudara juga tidak luput dari perhatian. Terungkap jika kebanyakan dari mereka berbakat dalam bidang seni. Karena berdasarkan riset, orang yang menjadi seniman 181% adalah anak semata wayang. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills