real
        time web analytics

Dari Kami

Riset: Coba Minum Teh Biar Makin Kreatif


TOPCAREER.ID – Ketika pekerjaanmu butuh sesuatu yang bersifat kreatif, namun akhir-akhir ini sulit menemukan inspirasi, coba kamu minum lebih banyak teh. Berdasar hasil studi, minuman ini ternyata mampu meningkatkan kreativitas. 

Hal itu berdasarkan penelitian ‘Drinking tea improves the performance of divergent creativity’ yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference.

Penelitian ini melibatkan 2 kelompok, yakni kelompok pertama meminum teh dan kelompok kedua minum air putih biasa. Setelah 30 menit kemudian kreativitas mereka diuji. 

Dalam penugasan pertama, kedua kelompok diminta untuk membangun struktur "menarik" dari blok-blok. Tugas kedua adalah menyusun nama "keren" untuk restoran mie.

“Hasilnya menunjukkan bahwa para peserta yang minum the, berkinerja lebih baik dalam tugas kreativitas spasial yang ditugaskan dalam 10 menit segera setelah konsumsi teh daripada mereka yang minum air,” tulis penelitian tersebut. 

Kemudian, pada percobaan kedua, yang mengukur kreativitas dalam kognisi semantik, hasilnya menunjukkan bahwa para peserta yang minum teh menerima skor yang lebih tinggi dalam tugas kreativitas semantik dibandingkan dengan mereka yang minum air. 

Hasilnya mengarahkan para peneliti pada kesimpulan bahwa meminum teh sebelum melakukan tugas yang menuntut kreativitas harus meningkatkan kemampuan kognitif, tetapi mereka juga menambahkan ketentuan bahwa subjek tes mereka hanya minum sedikit minuman tepat sebelum diuji. 

Itu berarti bahwa tidak ada bukti bahwa meminum teh dalam jangka waktu lama akan meningkatkan keseluruhan kreativitas. Namun, terlepas dari jumlah teh yang diminum, studi menunjukkan bahwa teh mengandung dua bahan yang diketahui bermanfaat bagi otak.

“Dua bahan biologis, kafein dan theanine, memiliki efek menguntungkan pada perhatian, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi kognitif,” kata surat kabar itu.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru