real
        time web analytics

Dari Kami

Sebelas Senjata Mengejutkan untuk CV-mu


TOPCAREER.ID – Ada beberapa poin penting biasanya yang diletakkan dalam isi resume atau curiculum vitae (CV) pelamar kerja. Nah, dari beberapa poin yang dimiliki pelamar itu bisa jadi hal mengejutkan dan unik bagi perusahaan sehingga mempengaruhi keputusan tim perekrutan. 

“Meskipun tidak setiap sifat yang unik akan mengarah pada tawaran pekerjaan, pencapaian dan hobi yang tidak terduga yang berkaitan dengan posisi pekerjaan, dapat menggambarkan bahwa pelamar sebagai calon yang berkesan dan berkualitas,” kata Ashley Irvine, Growth Manager di Three Ships and Remedy Review.

Dikutip dari CNBC Make It, berikut 11 hal mengejutkan di dalam CV/resume yang mampu memengaruhi HRD (human resource department).

1. Musik dan Teater

Memainkan instrumen, bernyanyi, acting, bakat-bakat ini semuanya menunjukkan kemampuanmu untuk tetap tenang ketika berada dalam sorotan. “Ini dapat menunjukkan kemampuan komunikasimu dan kemampuan untuk tetap tenang ketika semua mata tertuju padamu,” kata Laurie Kahn, CEO Media Staffing Network.

2. Blogging

Sophie Miles, CEO & co-founder elmejortrato.com, mengatakan bahwa blog menunjukkan latar belakang kewirausahaan, kemampuan menulis, dan keteguhan yang diperlukan untuk memulai sesuatu di web. Jika ragu dengan konten blognya, coba tampilkan blog yang berisi program liburan atau belajar di luar negeri. Hal itu bisa jadi kekuatan bagaimana pelamar mendokumentasikan pengalaman dan kekuatan mereka di bidang tertentu. 

3. Pengalaman dalam Industri Jasa

Meskipun pekerjaan pertamamu sebagai pramusaji mungkin tidak relevan dengan kehidupan profesional, namun posisi di bidang pelayanan ini menyediakan calon dengan keterampilan yang berharga. “Ini memberi saya wawasan tentang kemampuan pelamar untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan apa yang mereka pelajari dari layanan pelanggan,” kata Dana Case, Director of Operations at MyCorporation.com.

4. Stand Up Comedy

Latar belakang dalam komedi bukanlah masalah ketawa. Menurut Mollie Moric, penasihat karier dan manajer perekrutan di Resume Genius, pengalaman melakukan stand up comedy menunjukkan keyakinan kandidat dengan berbicara di depan umum, kemampuan untuk berimprovisasi, kapasitas untuk memperoleh jaringan, dan mampu mengatasi penolakan dengan nyaman.

5. Atletik

Partisipasi dalam olahraga menunjukkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi. Debbie Winkelbauer, mitra di Surf Search, menegaskan bahwa atletik adalah contoh kekuatan pencari kerja dalam persaingan, disiplin, kerja tim, dan kemampuan untuk mengatasi kegagalan.

6. Kompetisi

Dengan berpartisipasi dalam kompetisi di bidang terkait, kandidat pekerjaan mengungkapkan antusiasme mereka untuk pekerjaan mereka di luar jam kerja 9 hingga 5. “Bahkan jika kandidat tidak mendapatkan posisi di podium, itu menunjukkan semangat untuk peran mereka, komitmen untuk memperluas keterampilan mereka, dan partisipasi aktif dalam industry,” kata Moric.

7. Mentorship

Melayani sebagai mentor bagi siswa atau kolega menunjukkan dedikasi untuk membantu orang lain untuk berkembang, terutama bagi para profesional yang lebih mapan dalam karier mereka. “Ketika orang mengembangkan karier mereka, kami mencari kandidat yang utuh yang tidak hanya berfokus pada karier tetapi juga memiliki sesuatu untuk diberikan kembali,” jelas Hudson.

8. Pekerjaan Freelance

“Saya selalu menyarankan memasukkan pengalaman freelance dalam resumemu, terutama jika kamu menganggur selama periode waktu tertentu. Jauh lebih baik untuk menunjukkan, setidaknya kamu mengerjakan sesuatu, daripada tidak ada sama sekali,” kata Jennifer Roquemore, salah satu pendiri Resume Writing Services.

9. Anggota Klub Buku

Selain menunjukkan kecintaan untuk membaca, Moric mengatakan partisipasi dalam klub buku menunjukkan minat pencari kerja dalam mempelajari hal-hal baru. “Keanggotaan dalam klub buku menunjukkan komitmen kandidat untuk secara aktif memperluas basis pengetahuan mereka dan secara terbuka mendiskusikan informasi baru,” kata Moric.

10. Ekstrakurikuler di Perguruan Tinggi

“Ini dapat mengilustrasikan bagaimana keterlibatanmu dan apa yang termasuk dalam passionmu,” kata Kahn. Jan Hudson, mitra di Surf Search menyarankan mendaftar program kuliah dari berbagai bidang yang berbeda dari bidang pekerjaanmu. Misalnya, seorang profesional medis yang mengambil kelas dalam Sastra Inggris untuk menampilkan diri sebagai kandidat yang utuh.

11. Layanan Komunitas

Latar belakang dalam layanan masyarakat adalah sifat yang bagus untuk dicantumkan dalam resume. “Banyak perusahaan yang memiliki program layanan masyarakat resmi dan mereka ingin melihat calon kandidat yang mendukung misi mereka untuk memberi kembali,” saran Kelly Finn, Kepala Sekolah di WymanWinter.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru