real
        time web analytics

Dari Kami

Segudang Pengalaman Perbankan Komisaris Baru Tokopedia


TOPCAREER.ID – Selamat untuk Agus Dermawan Wintarto Martowardojo, kini resmi menjabat sebagai komisaris utama di perusahaan teknologi Tokopedia. Mantan Direktur Utama Bank Indonesia ini  sebelumnya malang melintang di dunia perbankan dan keuangan ditambah segudang prestasi yang menyertai.

William Tanuwijaya, CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia menyampaikan dalam keterangan persnya bahwa pengalaman yang dimiliki seorang Agus Martowardojo akan sangat berharga dalam membina para pemimpin Tokopedia.

“Kehadiran Pak Agus akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10 mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital,” kata William.

Pengalaman Agus di dunia perbankan memang tak bisa dianggap sebelah mata. Beberapa bank yang ia icip juga menempatkannya di posisi tertinggi. Sebut saja posisi terakhirnya di Bank Indonesia, yakni menjabat sebagai Gubernur lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/P tahun 2013, untuk periode lima tahun yang berakhir pada 2018.

Pengalaman kerja Agus makin tak terbantah karena ia sempat menduduki posisi sebagai Menteri Keuangan pada periode 2010-2013. Di periode tersebut, Indonesia mencapai perbaikan peringkat utang dari Fitch dan Moody’s menjadi status investment grade.

Kebijakan fenomenal selama menjabat sebagai Menteri Keuangan antara lain, reformasi pajak, mengusulkan jalan tengah ‘Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), dan mengusulkan agar pembatasan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Di awal kariernya sebagai bankir, Agus pernah bergabung dengan Bank Niaga (1986-1994) dan Bank of America (1984-1986). Agus Marto juga memimpin Dewan Penasehat Asosiasi Bank Indonesia sejak 2009. Semakin mantap langkahnya, ia pun mampu menduduki sejumlah posisi di bank ternama.

Agus pernah menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO Bank Mandiri (2005 - 2010), Direktur Utama Bank Permata (2002-2005), penasihat Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (2002), Managing Director Bank Mandiri (1999-2002), Direktur Utama PT. Bank Ekspor Impor Indonesia (1998-1999), dan Presiden Direktur Bank Bumiputera (1995-1998).

Penghargaan

Nama Agus Martowardojo tak hanya tenar di Indonesia, banyak pernghargaan yang ia raih tak hanya dari dalam negeri. Agus Marto terpilih sebagai Finance Minister of The Year 2012 di tingkat global dan asia Pasifik pada Februari 2012 dari The Banker. 

Agus Martowardojo juga meraih penghargaan, antara lain, Indonesian Banker Leadership Achievement Award 2010 dari Asian Banker, dan Indonesia's Best Executive in 2009 dari Asiamoney. Tokoh Bisnis Paling Berpengaruh juga pernah tersemat untuk Agus pada 2005 versi Warta Ekonomi. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills