real
        time web analytics

Dari Kami

Sekarang, Polisi dan PNS Boleh Ikutan Beasiswa LPDP


Polisi dan PNS Boleh Ikutan Beasiswa LPDP

TOPCAREER.ID – Dari beberapa program beasiswa yang disediakan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), ada di antaranya yang baru hadir di tahun ini. Bagi para PNS, polisi, dan TNI kini bisa ikut berjuang mendapatkan beasiswa LPDP yang masuk dalam program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Afirmasi.

“Beasiswa Afirmasi PNS, TNI, dan POLRI adalah beasiswa yang khusus ditujukan untuk PNS, TNI, dan Polri dengan menyertakan surat pengantar dari institusi masing-masing,” sebut dalam laman LPDP Kementerian Keuangan (lpdp.kemenkeu.go.id).

Seperti yang dijelaskan bahwa tujuan dari program beasiswa ini tentu saja untuk mendukung adanya aparatur pemerintah yang profesional, produktif, berkualitas serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap Republik Indonesia.

Karena nantinya semua awardee baik PNS, TNI, maupun Polri yang telah menyelesaikan studi, wajib kembali bekerja ke instansi pengirim. Isitilahnya kembali mengabdi kepada negara, dan mengaplikasikan hasil studi yang telah didapat.

Sementara, salah satu persyaratan untuk pengusulan beasiswa LPDP ini baik untuk program magister maupun doktoral, sekurang-kurangnya pejabat eselon II yang membidangi pembinaan/pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada kementerian/lembaga atau pemerintah daerah (pemda) bagi PNS.

Kemudian, sekurang-kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes TNI/TNI AD/TNI AL/ TNI AU bagi pendaftar TNI. Dan sekurang-kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes Polri untuk pendaftar Polri.

Terkait seleksi yang bakal dilalui, prosesnya sama saja dengan beasiswa LPDP lainnya. Proses itu meliputi seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer (SBK) yang terdiri dari tes potensi akademik, soft kompetensi, dan on the spot essay writing.  

Setelah melewati tahap SBK, dilanjutkan dengan seleksi subtansi yang terdiri dari verifikasi dokumen asli pendaftaran, Leaderless Grup Discussion (LGD), dan wawancara. Terakhir, barulah penetapan kelulusan berdasarkan ketentuan seleksi yang sudah ditetapkan.

Selain beasiswa PNS/Polri/TNI itu, sebenarnya BPI Afirmasi sendiri terdiri dari beasiswa afirmasi khusus untuk penduduk di daerah tertinggal; individu berprestasi dari keluarga miskin/prasejahtera; berprestasi dalam bidang olahraga, seni/budaya, dan keagamaan tingkat nasional dan internasional.

Individu penyandang disabilitas; individu yang berprestasi dalam Olimpiade Sains tingkat Nasional atau Internasional; individu yang merupakan lulusan pondok pesantren; beasiswa bidikmisi berprestasi; olimpiade.

0 Comments

Lowongan Terbaru