real
        time web analytics

Dari Kami

Sektor Pangan Jadi Peluang Besar Bentuk Startup


TOPCAREER.ID – Sumber daya alam yang besar di Indonesia bisa dimanfaatkan ke dalam banyak hal atau kemudian dibuat menjadi beragam inovasi teknologi, termasuk bidang pangan. Peluang tersendiri bagi para inovator untuk berlomba membuat startup berbasis teknologi di bidang pangan. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Inovasi pada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Jumain Appe menyampaikan bahwa pertumbuhan startup dalam bidang  pangan merupakan yang tertinggi daripada bidang lain, yakni di angka 36 persen. 

“Ada 27 persen itu statup dari ICT (information, communication, Technology). Yang paling tinggi itu (startup) pangan sekitar 36 persen,” ujar Jumain kepada awak media usai Workshop Inovasi dan Transformasi Digital.

Alasannya startup pangan paling tinggi, kata dia, karena memang bidang pangan di Indonesia memiliki sumber daya alam dengan  potensi cukup besar. Sehingga, dari beragam sumber daya dan kegiatan terkait di dalamnya, akan mendorong tumbuhnya startup atau inovasi berbasis teknologi. 

“Kalau kita lihat semuanya ada. Kopi ada, cokelat ada, mereka punya kemampuan untuk membangun usaha-usaha baru di situ. Di perikanan juga, di bidang pupuk yang mendukung bisa, di bidang bibit juga bisa,” tambah Jumain.

Ia menambahkan, potensi-potensi yang bisa dikembangkan dari industri pangan bisa sangat banyak lantaran hampir di setiap bahan saja punya varietas yang macam-macam. Jadi, tiap verietas itu seharusnya bisa ditemukan inovasi teknologinya seperti apa.

Banyak startup yang lahir dari varietas bidang pangan itu dan bisa dimanfaatkan menjadi usaha baru yang nantinya mampu memberikan manfaat. 

Dirjen Inovasi pada Kemenristek Dikti juga memiliki peran dalam transformasi digital dengan mendorong tumbuhnya startup-startup berbasis IT (information technology). Dengan lahirnya startup dan inovasi-inovasi cemerlang, maka proses transformasi digital di Indonesia bisa berjalan cepat. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru