real
        time web analytics

Dari Kami

Sering Tertawa Bantu Produktivitas Kerja


TOPCAREER.ID – Untuk membantu perjalanan kariermu, ada kalanya memang perlu serius, tapi banyak tertawa dan berhumor ria juga bisa bikin pekerjaanmu lebih produktif. Apapun bidang pekerjaannya, penelitian menunjukkan lingkungan kerja yang menggabungkan humor dan tawa lebih sehat dan lebih efektif.

Coba lihat beberapa alasan berikut kenapa tertawa dan humor dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Tertawa Meningkatkan Kreativitas

Para marketer atau pemasar membutuhkan inspirasi kreatif yang konstan untuk menjaga ide mengalir. Satu studi oleh MIT menunjukkan bahwa menggunakan latihan pemanasan lucu yang ditulis oleh comedian, meningkatkan output kreatif sekelompok desainer produk lebih dari 1/3.

Sebaliknya, semakin banyak mengeluh semakin kurang kreatif, jadi pastikan untuk menjaga hal positif mengalir di lingkungan kerja dengan dosis tawa.

Humor Memperkuat Hubungan Tim

Dengan kemampuan untuk mengurangi ketegangan, meminimalkan kejenuhan, dan mengurangi kecanggungan, humor memiliki kekuatan untuk memperkuat hubungan lateral dan manajemen. Ketika orang tertawa bersama, otak mereka melepaskan zat-zat "bahagia" seperti serotonin dan dopamin. Perasaan bahagia ini kemudian dikaitkan dengan orang-orang yang berbagi tawa untuk meruntuhkan penghalang dan merangsang hal positif dalam hubungan.

Kegembiraan Bagus untuk Moral

Membuat pekerjaan menyenangkan melalui humor, tawa, dan kesenangan memberi karyawan pengalaman kerja yang positif dan mengurangi stres. Tindakan tertawa melepaskan endorfin yang bermanfaat untuk mempromosikan sikap positif dan meminimalkan kelelahan. 

Meluangkan waktu beberapa menit untuk lelucon tidak berbahaya, berbagi meme konyol, atau bahkan berlatih tawa yoga dapat memberi dorongan kepada tim pemasaran untuk memotivasi.

Humor Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Karena minat dalam kecerdasan emosional (Emotional Intelligence) telah berkembang selama beberapa tahun terakhir, telah terungkap bahwa keterampilan dalam humor adalah bagian penting dari persamaan. Humor memungkinkan orang untuk mengelola emosi mereka sendiri serta memiliki belas kasihan terhadap emosi orang lain. Selain itu, humor berdampak positif pada motivasi, pemecahan masalah, dan kemampuan mengatasi stres.

Bersenang-senang Menciptakan Energi

Tertawa memicu otak untuk melepaskan 'hormon bahagia' sehingga memberikan energi yang baik. Pada saat yang sama, tertawa mengurangi jumlah hormon stres yang dilepaskan yang berhubungan dengan kecemasan.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait