real
        time web analytics

Dari Kami

Skill yang Tak Seharusnya Ada di CV


TOPCAREER.ID – Lewat Curiculum Vitae (CV), segala kemampuan serta kelebihan Anda bisa ditonjolkan demi meraih perhatian para rekruter. Tapi anggapan semakin banyak skill yangdicantumkan akan semakin baik itu bukan hal sepenuhnya benar. Ada skill-skill yang enggak seharusnya Anda cantumkan dalam CV, berikut daftarnya. 

1. Skill yang tidak dikuasai

Biar CV tampil menarik, tak jarang kandidat kemudian berbohong dengan isi CV mereka. Para pelamar dengan sengaja memalsukannya demi mendapatkan kesempatan lebih besar untuk panggilan kerja. Tapi ternyata hal tersebut sesungguhnya sangat merugikan pelamar.

Membuat karangan seperti itu hanya untuk membuat perusahaan terkesima justru akan berakibat fatal ke depannya.

2. Skill yang sudah ketinggalan zaman

Perlu diperhatikan ketika akan mencamtukan keahlian terkait penggunaan software. Popularitas software yang Anda kuasai itu masih mumpuni atau tidak di zaman saat ini.

Misalnya melamar di posisi desain grafis, lantas aplikasi desain yang Anda cantumkan di skill adalah Corel Draw. Padahal, Corel sudah tak lagi populer di kalangan desainer di dunia kerja. Rata-rata sekarang sudah pada beralih ke Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign.

3. Skill yang tak relevan dengan posisi

Keterampilan yang tidak relevan dengan posisi juga tak perlu dicantumkan. Karena percuma juga, pihak perusahaan tak akan akan mempertimbangkannya.

Misalnya melamar untuk posisi desain grafis, tapi di kolom keterampilan CV, Anda menuliskan menguasai Micorosoft Power Point. Jadi lebih baik tidak usah dimasukkan ke dalam resume. Cantumkan saja yang berhubungan misalnya seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Adobe InDesign.

4. Skill yang abstrak dan terlalu sering dipamerkan di CV

Masih banyak orang yang menuliskan skill atau keterampilan yang tidak spesifik. Mereka mencantumkannya dengan kemampuan-kemampuan yang justru lebih terlihat seperti kemampuan psikologis, bukannya keterampilan dalam dunia kerja. 

Contohnya ada yang mencantumkan di kolom keterampilan seperti “pekerja keras”, “bersemangat”, “kreatif”, “mudah fokus”, “pekerja tim yang baik”. Yah, CV yang menarik harus mengindari hal-hal kayak gitu.

5. Skill yang sudah dimiliki setiap orang

Ini juga masih sering tercantum di dalam CV para pencari kerja, yaitu keterampilan yang semua orang sudah bisa alias keterampilan wajib. Keterampilan yang ini termasuk ke dalam skill yang wajib dipunya semua kalangan profesional. Tanpa kamu cantumkan pun, pihak perusahaan sudah tahu kamu bisa menggunakannya.

Salah satu keterampilan yang masuk dalam kategori ini, misalnya mengoperasikan Microsoft Word. Meski tak semua orang bisa, tapi, mereka yang telah memutuskan untuk terjun ke dunia profesional kantoran, biasanya sudah memiliki skill ini. 

 

#cv

0 Comments

Skills